Pelatihan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga (Organik) Sebagai Pupuk Kompos Guna Mendukung Budidaya Tanaman Di Kelurahan Sidakaya Kabupaten Cilacap

Authors

  • Ai Cucu Karlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahmat Taufiq Mustahiq Akbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pupuk, Tanaman, Rumah Tangga

Abstract

Sampah yang sering kali menumpuk di area tempat pembuangan akhir, merupakan permasalahan lingkungan yang masih sering dijumpai di lingkungan masyarakat. Sampah rumah tangga seperti sampah organik yang mudah membusuk menimbulkan bau menyengat. Apabila hal tersebut dibiarkan akan mengganggu kesehatan lingkungan beserta kesehatan masyarakat disekitarnya. Disamping itu, masyarakat di Kelurahan Sidakaya RT.08, RW.09 Kabupaten Cilacap banyak yang melaksanakan budidaya tanaman di rumahnya. Namun, penggunaan pupuk yang dipilih cenderung pupuk anorganik yang dapat berdampak negative dan membaayakan lingkungan. Maka, kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan wawasan kepada warga dalam memanfaatkan sampah rumah tangga serta mendukung budidaya tanaman di lahan rumah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah implementasi yang dilakukan dengan pemberian materi dan pelatihan secara langsung dalam pembuata pupuk kompos cair atau MOL. Kegiatan ini memberikan dukungan kepada warga dalam pelaksanaan budidaya tanaman, pemanfaatan sampah rumah tangga, serta mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk anorganik sehingga lebih ramah lingkungan.

 

References

Ekawandi, N. d. (2018). Pengomposan Sampah Organik (Kubis dan Kulit Pisang) dengan Menggunakan EM4 . Jurnal TEDC Vol 12 (1).

Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 02/Pert./HK.060/2/2006. (n.d.). Tentang Pupuk Organik dan Pembenah Tanah.

Prinajati, P. D. (2018). Analisis Pengolahan Pupuk Kompos Sampah Rumah Tangga Sebagai Media Tanaman. Jurnal ENVIROSAN Vol 1 (2).

Suprapto, d. (2017). Program Pengenalan dan Sosialisasi Penerapan Teknologi Olah Sampah Organik Rumah Tangga (OSAMA) di Kampung Jati Kabupaten Ciamis . Jurnal Pengabdian Siliwangi Vol 3 (1).

Widiyaningrum, P. d. (2013). Efektifitas Proses Pengomposan Sampah Daun dengan Tiga Sumber Aktivator Berbeda. Jurnal Rekayasa Vol 13 (2).

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Karlina, . A. C. ., & Akbar, R. T. M. . (2021). Pelatihan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga (Organik) Sebagai Pupuk Kompos Guna Mendukung Budidaya Tanaman Di Kelurahan Sidakaya Kabupaten Cilacap . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(29), 39–44. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/359

Issue

Section

Articles