Peran Mahasiswa Dalam Program "Sekoper Cinta" Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Dusun 3 Desa Pasirpogor

Authors

  • Bintang Andhika Bintang UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Mahasiswa)
  • Annisa Fitri Rianti UIN sunan gunung Djati Bandung
  • Gharalbyc Daka Besya Misga UIN sunan gunung Djati Bandung

Keywords:

Program Sekoper Cinta, Kesejahteraan keluarga, pemberdayaan perempuan

Abstract

Berdasarkan dari situasi para perempuan yang kurang dari segi pemahaman dalam berbangsa dan bernegara dalam kaitannya adalah pola pikir tentang kesetaran gender yang minim di indonesia khususnya dalam era sekarang. Dalam hal ini menjadi landasan bahwa kesejahteraan keluarga sedikit banyaknya adalah adanya peran perempuan yang berkontribusi di dalamnya, dengan hal ini juga PemProv Jabar menggaungkan program yang khusus dirancang untuk pemberdayaan perempuan yaitu program Sekoci atau Sekoper Cinta, ketua umumnya saat ini adalah Ibu Atalia Praratya. Adanya pihak fasilitator Pemprov Jabar dan peran mahasiswa mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauh mana berjalannya program Sekoper Cinta dalam meningkatkan kreativitas dan produktivitas perempuan khususnya di Desa Pasirpogor yang nantinya berguna dalam membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera. Metode pengabdian yang dilakukan adalah sistem pemberdayaan masyarakat (sisdamas) yang dilaksanakan di RW 10 Dusun 3 Desa Pasirpogor dengan ikut mensosialisasikan pada warga untuk mengikuti program sekoper cinta. Hasil penelitian menghasilkan bahwa dalam program Sekoper Cinta termuat program berbasis pemberdayaan perempuan dengan menghasilkan beberapa komponen penting seperti UMKM dan Apotek Hidup guna kesejahteraan keluarga. Sudah jelas bahwa program ini membawa dampak positif khususnya bagi perempuan di Desa Pasirpogor, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat.

References

Abd Rahman BP, S. A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan . Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam , 1-8.

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat . Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi , 32-43.

Dini Anjani Nurlatifah, D. S. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-zahra, 35-45.

Herawati, T. K. (2020). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. . Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 1-13.

Ilmaa Surya Istichomaharani, S. S. (2016). Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai “Agent Of Change, Social Control, Dan Iron Stock” . Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper , 1-6.

Santi Sri Wahyuni, P. S. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita Di Kota Tasikmalaya . The Indonesian Journal of Politics and Policy , 1-13.

Shinta Nasution, R. K. (2023). Perubahan Pola Asuh pada Peserta SEKOPER CINTA dalam Upaya Menurunkan Prevalensi Stunting di Jawa Barat . Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat , 440-449.

Suradi. (2005). Perubahan Sosial Budaya: Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak, Keluarga dan Pengembangan Masyarakat. . Surabaya: Swastika Media Cipta.

Yorri Didit Setyadi, D. W. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control” . DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1542-1547 .

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Bintang, B. A., Rianti, A. F., & Besya Misga, G. D. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Program "Sekoper Cinta" Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Dusun 3 Desa Pasirpogor . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3577