Upaya Penanaman Moralitas Anak Melalui Metode Pembelajaran Bercerita Di PAUD AR-Roja’

Penulis

  • Fransisca Leisubun Fransisca UIN SGD Bandung (Mahasiswa)
  • Fithri Dzikrayah UIN SGD Bandung
  • Rendi M.F
  • Afifa Sindy L.D

Kata Kunci:

Moral, Anak Usia Dini, Bercerita

Abstrak

Abstrak

Melihat pentingnya moral bagi manusia, perlu adanya upaya dalam mengatasinya salah satunya dengan adanya pendidikan moral. Akan tetapi, dalam pelaksanaan penanaman moral harus dilakukan sejak usia dini dikarenakan usia dini merupakan gambaran sifat manusia ketika menginjak usia dewasa. Anak pada usia dini sering disebut usia emas dikarenakan tingkat keingintahuan anak usia dini sangat tinggi. Oleh karena itu dalam memanfaatkan hal tersebut, guru di sekolah dan orangtua di rumah harus bekerja sama untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak agar kelak ketika dewasa anak menjadi seseorang yang memiliki sifat kebaikan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan bermanfaat bagi agama dan bangsanya. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu menggunakan metode PAR (Participatory Action Reseacrh) yang dilaksanakan di PAUD Ar-Roja’ dengan melaksanakan program penanaman moralitas anak melalui metode pembelajaran bercerita. Hasil dari kegiatan penanaman moral menggunakan metode pembelajaran bercerita di PAUD Ar-Roja’ yaitu tingkat moralitas anak semakin meningkat, pengetahuan anak mengenai Nabi dan Rosul semakin bertambah, dan anak semangat belajar anak meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran bercerita. Selain itu, anak-anak diharapkan bisa mencontoh semua yang diceritakan baik perilaku, sifat, kebiasaan, dan akhlak para Nabi dan Rasul.

Kata Kunci: Moral, Anak Usia Dini, Bercerita.

Referensi

Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: Gramedia.

Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewantara, KH. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Febriyanti, Natasya, dan Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Pengembangan NIlai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Kewarganegaraan 477.

Khaironi, Maulianah. 2017. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi 2.

Kholish, Muhammad Jauhar. 2021. “Etika dan Moral Dalam Pandangan Hadis Nabi SAW.” Jurnal Riset Agama 92.

Rohmah, U. 2018. Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102.

Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trisnawati, dan Ilmi Muyasaroh. 2015. “Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Di RA Raudhatul Islah Margosari Pagelaran Utara Pringsewu.” JPGMI 64.

Zuchdi. 2009. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Fransisca, F. L., Dzikrayah, F. ., M.F, R., & Sindy L.D, A. (2024). Upaya Penanaman Moralitas Anak Melalui Metode Pembelajaran Bercerita Di PAUD AR-Roja’. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 51–59. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3575

Terbitan

Bagian

Articles