Upaya Meminimalisir Ketergantungan Siswa MI 2 Pasirpogor Terhadap Penggunaan Gadget

Authors

  • Dhima Farhany Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alifia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faisal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fithri Dzikrayah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Gedget, Dampak negatif, Permainan tradisional

Abstract

Gadget kini merupakan alat tak terpisahkan dari kehidupan di era modern, yang digunakan oleh berbagai kelompok usia, dari orang dewasa hingga remaja dan bahkan anak-anak. Saat ini, permainan modern seperti game online telah menggantikan permainan tradisional yang ada. Banyak anak-anak yang menggunakan gadget tanpa pengawasan langsung dari orang tua, dan hal ini bisa berdampak negatif terhadap banyak hal salah satunya terhadap antusiasme belajar anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget pada siswa-siswi di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) 02 Pasirpogor terhadap tingkat antusiasme mereka pada proses belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode PAR (Participatory Action Research) yang memungkinkan keterlibatan siswa sebagai subjek yang diteliti dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui permasalahan yang terdapat pada siswa-siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini juga melakukan pengumpulan data dari sejumlah siswa-siswi yang menggunakan gadget dengan melakukan survey langsung terhadap subjek yang diteliti. Data yang dikumpulkan mencakup aspek-aspek seperti durasi penggunaan gadget, jenis aplikasi yang digunakan, dan dampaknya terhadap antusiasme belajar para siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh yang kompleks terhadap antusiasme belajar anak-anak di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) 02 Pasirpogor. Meskipun gadget dapat memberikan akses ke sumber pembelajaran yang bermanfaat, terdapat juga indikasi bahwa penggunaan yang berlebihan atau tidak terkendali dapat mengurangi antusiasme belajar para siswa. Selain itu, jenis aplikasi yang digunakan juga memiliki peran penting dalam dampaknya terhadap antusiasme belajar. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran gadget dalam pembelajaran anak di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) 02 Pasirpogor dan memberikan panduan bagi pendidik dan orang tua dalam mengelola penggunaan gadget untuk meningkatkan antusiasme belajar para siswa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki dampak jangka panjang dari penggunaan gadget pada perkembangan anak-anak di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) 02 Pasirpogor.

References

Asy'ary, Muhammad Luqman, Setia Rini, dan Erna Risfaula Kusumawati. Maret 2023. “Pengaruh Game Online Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Sekolah Dasar.” Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7, no. 1 (27-40).

Chusna, Puji Asmaul. November 2017. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan Vol. 17, no. 2 (315-330).

Ginanjar, M. Hidayat. Januari 2013. “Keseimbangan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2.

Hidayah, Nurul, Afif Kholisun Nashoih, Taufiqur Rohman Asyari, dan Abdulloh Chumaidi. April 2021. “Sosialisasi Edukasi Samrtphone terhadap Anak "Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone pada Anak".” PENDIDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, no. 1 (23-26).

LP2M. 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M .

Mahadewi, Kadek Julia, dan Ni Wayan Indira Cahyani. Maret 2023. “Pelaksanaan Sosialisasi Pengaruh Gadget Pada Siswa-Siswi SD Negeri 1 Biaung Kabupaten Tabanan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan Vol. 6, no. 1 (36-40).

Muhtarom, Ali. November 2018. “Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota.” DIMAS Vol. 18, no. 2 (259-278).

Safitri, Eka, dan Uep Tatang Sontani. Agustus 2016. “Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa sebagai Determinan terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1, no. 1 (144-153).

Siregar, Anes Chairuni, Kristin Natalia, Novi Mulyani, dan Sarma Pratiwi Ondy. Maret 2021. “Upaya Pengalihan Perhatian Anak Terhadap Gadget ke Permainan Tradisional Indonesia.” Dedikasi Vol. 1, no. 2 (347-354).

Yudiwinata, Hikmah Prisia, dan Pambudi Handoyo. 2014. “Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak.” Paradigma Vol. 2, no. 3 (1-5).

Yumarni, Vivi. Desember 2022. “Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Literasiologi Vol. 8, no. 2 (107-119).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Farhany, D., Nadiva, A., Sidiq, F., & Dzikrayah, F. (2024). Upaya Meminimalisir Ketergantungan Siswa MI 2 Pasirpogor Terhadap Penggunaan Gadget. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 154–164. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3573

Issue

Section

Articles