Mendukung Kemajuan Desa: Pelatihan Komputer untuk Kader Pkk Desa Mukapayung dalam Era Digital

Authors

  • Riza Amalia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ibnu Malik UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ighna Nurtamami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Alwy Solehudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemanfaatan, Perangkat Kelurahan, Teknologi Informasi

Abstract

Teknologi informasi di era digitalisasi merupakan alat untuk meningkatkan akuntabilitas dan efisiensi di berbagai level, utamanya di lingkup pemerintahan. Di Indonesia, teknologi informasi di era digitalisasi digunakan untuk mendorong pemerintahan yang responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat, mendorong sisi kebermanfaatan dan keterbukaan informasi, serta mendorong partisipasi publik dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu, setiap organisasi pemerintah dituntut untuk mampu mengoperasionalkan teknologi informasi dalam menunjang kegiatan pemerintahan di era digitalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi informasi di tingkat desa melalui pelatihan digitalisasi komputer pada PKK Desa Mukapayung. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sisdamas (berbasis pemberdayaan masyarakat) yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan melalui observasi dan pengamatan langsung.  Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa Program pelatihan digital oleh mahasiswa KKN untuk PKK memiliki potensi besar dalam meningkatkan kemampuan digital masyarakat dan menghasilkan dampak positif jangka panjang. Dengan memastikan kelanjutan program dan melakukan evaluasi berkala, potensi ini dapat diwujudkan untuk kesejahteraan dan perkembangan masyarakat secara keseluruhan.

References

Elsa Prisanda, and Rury Febrina. 2021. “Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Aplikasi SISPEDAL Dalam Rangka Mewujudkan Good Village Governance.” Journal of Governance Innovation 3(2): 155–71.

Hulu, Yamulia, R Hamdani Harahap, and Muhammad Arif Nasutian. 2018. “Pengelolaan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10(1): 146.

Rampengan, Elizabeth, and Ika Prayanthi. 2022. “Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan.” 21(2): 145–52.

Rozikin, Mochammad, Wa Hesty, and Sulikah Sulikah. 2020. “Kolaborasi Dan E-Literacy: Kunci Keberhasilan Inovasi E-Government Pemerintah Daerah.” Jurnal Borneo Administrator 16(1): 61–80.

Setiawan, daryanto. 2017. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication On.” Jurnal Pendidikan X(2): 195–211.

Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. 2020. “Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1(1): 141–57.

Syarif, Irfan. 2020. “Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kota Samarinda.” Ilmu Pemerintahan 08(03): 911–24. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27533.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Amalia, R., Malik, I., Nurtamami, I., & Solehudin, M. A. . (2024). Mendukung Kemajuan Desa: Pelatihan Komputer untuk Kader Pkk Desa Mukapayung dalam Era Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 209–224. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3545

Issue

Section

Articles