Pemberdayaan Masyarakat Dusun VI Desa Singajaya Melalui Program Pengajaran KKN 259

Authors

  • Zahrofa Fidiani Salma Zahrofa Fidiani Salma UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengajaran, KKN, Program, Masyarakat

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap orang artinya setiap warga negara wajib menerima hak pendidikan, pendidikan dapat ditepuh melalui pendidikan formal dan nonformal. Saat ini tentu banyak orang yang merasakan kendala dalam pendidikan, salah satunya terdapat pada masyarakat Dusun VI Desa Singajaya. Lewat program KKN Sisdamas kami menjalankan program kerja berupa pengajaran di desa tersebut dengan tujuan untuk membantu anak-anak dalam membentuk keterampilan yang diperlukan dalam pendidikan. Adapun metode yang kami gunakan untuk menunjang program tersebut adalah penelitian lapangan yang kami bagi menjadi 5 tahap, yaitu sosialisasi awal, rembukk warga, refleksisosial, pemetaan, dan pelaksanaan program. Hasil dari program tersebut berupa pengajaran yang dilakukan secara rutin oleh kelompok KKN 259 dan taman baca yang disediakan di posko. Kesimpulan terkait keberjalanan program kerja pengajaran anak-anak berupa respon yang baik dalam penerimaan program dan timbal balik yang nyata dari anak-anak tersebut artinya dengan adanya program pengajaran, terdapat progres yang terlihat yaitu berupa lebih baiknya keterampilan anak-anak pada saat membaca tulisan.

References

Affandi, H. (2017). Tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas pendidikan menurut undang-undang dasar tahun 1945. Jurnal Hukum Positum, 1(2), 218-243.

Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., Yumriani, Y., & BP, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. Yumriani.(2022). Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.)

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Zahrofa Fidiani Salma, Z. F. S. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Dusun VI Desa Singajaya Melalui Program Pengajaran KKN 259. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 80–86. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3544

Issue

Section

Articles