Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas IV di MIS Pasirpogor 2

Authors

  • Intan Nurdyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aas UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salmah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kemampuan Menghafal, Team Games Tournament (TGT), Al-Quran Hadits

Abstract

Dalam mempelajari Al-Quran Hadits, siswa diutamakan untuk memiliki kemampuan membaca, menulis, memahami, dan menghafal ayat-ayat serta kandungan yang terdapat pada Al-Quran dan Hadits. Melihat rendahnya kemampuan menghafal siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Quran Hadits, menunjukkan rendahnya ketuntasan belajar siswa pada saat proses pembelajaran, sehingga siswa memperoleh nilai yang rendah karena kurangnya pemahaman dalam menghafal. Oleh karena itu, kami bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits guna terciptanya pembelajaran yang efektif dan hasil belajar yang tercapai. Metode pengabdian yang kami lakukan pada KKN sisdamas moderasi beragama ini yaitu menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yang dilaksanakan di MIS Pasirpogor 2, dengan melaksanakan program pembelajaran yang menggunakan model Team Games Tournament (TGT) untuk dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Hasil dari pelaksanaan ini menunjukkan kemampuan anak dalam menghafal semakin meningkat, serta dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat membantu meningkatkan kemampuan menghafal siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MIS Pasirpogor 2.

References

Ar Rasikh. “Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus Pada MIN Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib.” Jurnal Penelitian Keislaman, 2019: 15(1), 15.

Joko, Krismanto Harianja. Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis, 2022.

Lutfi, Ahmad. Pembelajaran Al-Quran dan Hadits. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012.

Maidar, dkk. Buku Panduan Kuliah Pengabdian Masyarakat Berbasis Partisipasi. Banda Aceh: Pusat Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry, 2011.

Muhtarom, Ali. “Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota.” Jurnal Walisongo, 2018: 18(2).

Nurbaiti, Indah, Bambang Trisno, dan Endang Sukawati. “Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Keefektifan Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII di MTs Muhammadiyah Alamanda Kec. Kinali Kab. Pasaman Barat .” Jurnal Ilmu Pendidikan , 2022: 3(1), 678-684.

Ponidi. Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021.

Rusyanto. TGT (Teams Game Tournament) dalam Pembelajaran IPS. Yogyakarta: NEM, 2021.

Shilpy, A. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Wahyu, Astuti, dan Kristin Firosalia. “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , 2017: 1(3), 1-18.

Wazin. Buku Saku Metodologi PAR dan Gerakan Moderasi Beragama. Serang: PPM LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2020.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Nurdyanti, I., Asiyah, A., & Salem, S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas IV di MIS Pasirpogor 2. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 187–196. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3534

Issue

Section

Articles