Kesadaran Masyarakat Terhadap Sampah dalam Mewujudkan Kebersihan Lingkungan

Authors

  • Abdan Syakur
  • Alma Juniarti
  • Rifa Alawiyah

Keywords:

Pembersihan Drainase, Dusun Margamulya

Abstract

Abstrak

Sampah merupakan masalah serius yang mengancam lingkungan dan kesehatan manusia. Desa Ciasem Girang tepatnya di dusun Margamulya, sebagai objek dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh peneliti telah menghadapi tantangan serius terkait kebersihan dan pengelolaan sampah di saluran drainasenya. Jurnal ini memberikan gambaran tentang masalah sampah di Dusun Margamulya dan merinci program pembersihan sampah yang telah dilaksanakan di daerah tersebut. Program ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat, pemerintah setempat, dan organisasi non-pemerintah dalam upaya membersihkan dan mengelola sampah dengan lebih efisien. Program ini telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan saluran drainase, mengurangi pencemaran lingkungan akibat tersumbatnya aliran air. Jurnal ini juga mencermati peran teknologi dan inovasi dalam memantau dan mengelola sampah dengan lebih efektif. Dengan melihat studi kasus Dusun Margamulya, kita dapat mengambil pelajaran berharga tentang bagaimana kolaborasi antara masyarakat, pemerintah desa dan dusun Margamulya, serta Lembaga Swadaya Masyarakat seperti karang taruna dan paguyuban dapat menciptakan perubahan positif dalam mengatasi masalah sampah dan meningkatkan kualitas lingkungan.

References

Johnson, M. E., & Lee, K. S. (2020). Waste Mnagement and Environmental Health. Wiley.

Smith, A. J., & Brown, K. R. (2022). Assesing Environmental Pollution In Urban Drainage Channels . Environmental Science and Pollutions Research, 5368.

Wilson, D. C. (2015). Waste Management and Research . The Journal of The International Solid Waste and Public Cleansing Association, ISWA, 589-601.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Syakur, A., Juniarti, A., & Alawiyah, R. (2024). Kesadaran Masyarakat Terhadap Sampah dalam Mewujudkan Kebersihan Lingkungan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 277–287. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3519

Issue

Section

Articles