Pemberdayaan Masyarakat Tentang Alur Pendaftaran Haji & Estimasi Keberangkatan Melalui Via Smartphone

Authors

  • Ahmad Tajul Arifin WAhid tajul UIN Bandung
  • Egin Akmalia Egin UIN Bandung
  • Ariq Ramlan Ramlan UIN Bandung
  • Novi Hidayat Afsari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

KKN Sisdamas, Sosialisasi., Haji, Pendaftaran

Abstract

Masyarakat yang tinggal di perkampungan seringkali sulit mendapatkan akses ataupun perhatian akan kebutuhan pengembangan teknologi. Seperti halnya yang tejadi di Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat terdapat pemasalahan terhadap pendaftaran ibadah haji. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memaksimalkan potensi masyarakat terhadap gairah ibadah haji. Metode yang digunakan adalah mengadopsi dari siklus-siklus KKN sisdamas yang tercantum dalam petunjuk teknis dan pelaksanaanya. Adapun hasil dari kegiatan ini antara lain: Pertama, Pengadaan kegiatan mengenai pendaftaran ibadah haji. Kedua, Pengembangan potensi terhadap tatacara cek porsi haji lewat smatphone.

References

Al-‘aqil, Tholal Bin Ahmad, Petunjuk Bagi Jamaah Haji dan Umroh, (1427H).

Islamika Zulfiana, “Pembuatan Rencana Strategis SI/TI Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta”, Jurnal Informatika, Maret, 2014.

Krinstanto,Andri, Perancangan Sisitem Informasi dan Aplikasinya, (Yogyakarta : Gava Media,2007)

DIANA SANTY, Nengah Wahyu. Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia. 2021. PhD Thesis. STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta.

Sutabri, Tata, Sistem Informasi Manajemen, (Yogyakarta: Andi, 2005).

Kementrian Agama, teknologi-informasi-mudahkan-layanan-hajid-dan-umrah (Jakarta,2019)

Menurut Rochimi, 2010

Departemen Agama RI, Bunga Rampai perhajian, (Jakarta: Dirjend Bimas Islam,1998)

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

tajul, A. T. A. W., Egin, E. A., Ramlan, A. R. ., & Afsari, N. H. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Alur Pendaftaran Haji & Estimasi Keberangkatan Melalui Via Smartphone. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 106–111. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3517