Peningkatan Minat Belajar Anak Anak Madrasah Diniyah Al Fitri dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Bernyanyi

Penulis

  • Rois Mujapar Amin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Meinar Agustin Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Latifah Khoiriah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Anak, Bahasa Arab, Kosakata, Metode Bernyanyi

Abstrak

Bahasa menjadi kehidupan abadi yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi dan menyampaikan tujuan. Kemampuan berbahasa sangatlah penting terutama bagi anak-anak. Mempelajari bahasa Arab baik dilakukan sejak dini terutama dalam kemampuan menguasai kosa kata bahasa Arab. Penguasaan bahasa Arab dapat menjadi bekal utama dalam mempelajari Al-Qur’an dan ilmu agama. Pembelajaran bahasa yang diajarkan kepada anak-anak baiknya dapat dikemas semanrik mungkin melalui metode ajar yangn inovatif salah satunya adalah dengan metode bernyanyi. Penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab bertujuan untuk memicu daya tarik anak-anak untuk belajar dan menciptakan suasana belajar menjadi menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mengamati aktivitas belajar baik pada anak maupun guru. Dari hasil penelitian yang dilakukan memperlihatkan aktivitas belajar anak-anak menjadi lebih optimal apabila materi ajar dikemas semenarik mungkin salah satunya dengan menerapkan metode bernyanyi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dapat meningkatkan minat belajar anak dan menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan lebih variatif dan menyenangkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Amin, R. M., Putri, M. A. ., & Khoiriah, L. . (2023). Peningkatan Minat Belajar Anak Anak Madrasah Diniyah Al Fitri dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Bernyanyi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 182–192. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3512