Pemasangan Alat Kontrasepsi Implan dan IUD Di Desa Cibodas Kecamatan Pasir Jambu

Authors

  • Jia Ulhaq UIN Sunan Gunung Djati
  • Muhammad Faizin Algifari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hany Ciima Safitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dina Marliana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kontrasepsi, Implan, IUD

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemasangan alat kontrasepsi jenis Implan dan Intrauterine Device (IUD) di Desa Cibodas. Tingginya angka kelahiran di Desa Cibodas menjadi alasan utama untuk terus melaksanakan kegiatan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) yang melibatkan beberapa tahapan, seperti silaturahmis sebagai langkah awal untuk mengidentifikasi masalah, perencanaan, dan pelaksanaan kegiatan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam jumlah akseptor alat kontrasepsi jenis Implan dan IUD di Desa Cibodas. Jumlah akseptor Implan meningkat menjadi 127 orang, sedangkan akseptor IUD meningkat menjadi 141 orang. Penurunan angka kelahiran ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas hidup masyarakat Desa Cibodas, dengan mengurangi tekanan pada sumber daya.

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Isley, M. (2010). Implanon : The Subdermal Contraceptive Implant. Journal of Pediatric & Adolescent Gynecology, 23(6), 362-364.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Pusat Data dan Informasi Keluarga Berencana. Jakarta.

Pratama, P. O. (2016). Efektivitas Intrauterine Device (IUD) Sebagai Alat Kontrasepsi. Majority, 5, 138-141.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Jia Ulhaq, Algifari, M. F., Safitri, H. C., & Dina Marliana. (2024). Pemasangan Alat Kontrasepsi Implan dan IUD Di Desa Cibodas Kecamatan Pasir Jambu. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 98–103. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3507

Issue

Section

Articles