Iqro and Game Methods : Pengembangan Literasi Al-Qur’an pada Anak di Masjid Al-Hasan Kp.Cigiri RT 01 RW 07 Desa Cibodas

Authors

  • Dini Herliana Prastyaningsih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Abdie Tio Afriansyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Adela Salsabila Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dina Marliana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Literasi Al-Qur'an, Usia Dini, Metode Iqro dan Permainan

Abstract

Kurangnya tenaga pengajar mengaji anak merupakan salah satu permasalahan yang ada di Kampung Cigiri Desa Cibodas yang merupakan salah satu lokasi KKN Sisdamas Moderasi Beragama Tahun 2023. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh anggota KKN Sisdamas 145 dan adanya permintaan dari para orang tua untuk mengajar mengaji Al-Qur’an dan Iqro di Masjid Al-Hasan sehingga terbentuklah program ini. Program ini memiliki tujuan untuk mengembangkan minat literasi Al-Qur’an pada anak dengan penggunaan metode iqro dan metode permainan di Masji Al-Hasan Kp. Cigiri. Penelitian ini menggunakan metode Siklus Sisdamas dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai macam aktivitas atau potensi yang ada di Dusun 04. Selain mendapat dukungan penuh dari orangtua dan warga setempat, hasil dari terlaksananya program ini diantaranya : 1) Bertambahnya minat anak terhadap Al-Qur’an ditandai dengan anak ingin mengaji dan menulis Al-Qu’an, 2) Bertambahnya pengetahuan umum dan terasahnya kemampuan kognitif anak Kp. Cigiri RT 01 RW 07 Desa Cibodas.

References

Assingkily, Muhammad Shaleh. 2019. “PERAN PROGRAM TAHFIZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DALAM LITERASI AL-QUR’AN SISWA DI IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE.” Jurnal Mudarrisuna 9 (1).

Budiwaluyo, Hari, and Abdul Muhid. 2021. “MANFAAT BERMAIN PAPERCRAFT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR PADA ANAK USIA DINI.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1).

Kirana. 2021. “Fenomenologi: Apa Yang Kita Rasakan Secara Indrawi Tidak Selalu Sama Dengan Yang Kita Maknai.” Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. May 3, 2021.

Matondang, Asnawati. 2018. “PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2 (2). http://www.siaksoft.net.

Naashiruddin, Syahir, and Subar Junanto. 2023. “IMPLEMENTASI KEGIATAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTS PLOSO JOMBANG DALAM MENCIPTAKAN QUR’ANI.” AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya 3 (2).

Somad, Momod Abdul. 2021. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13 (2): 171–86. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882.

Tabroni, Imam, and Annisa Juliani. 2022. “PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK PADA MASA PANDEMI DI RT 64 GANG MAWAR IV PURWAKARTA.” Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1 (1).

Uliyah, Asnul, and Zakiyah Isnawati. 2019. “Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut al Arabiyyah 7 (1): 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375.

Yusuf, Zulfadli, Andi Nurwanah, and Ratna Sari. 2022. “Fraud Pada Program Jaminan Kesehatan Nasional Perpekstif: Kompetensi Auditor Internal Dengan Pendekatan Fenomenologi.” Owner 6 (4): 3653–69. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1115.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Prastyaningsih, D. H., Afriansyah, A. T., Salsabila, A., & Marliana, D. . (2023). Iqro and Game Methods : Pengembangan Literasi Al-Qur’an pada Anak di Masjid Al-Hasan Kp.Cigiri RT 01 RW 07 Desa Cibodas. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 88–99. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3505