Implementasi Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Asing di SDN Budigalih

Authors

  • Fadhila Salma Azzahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shafa Kaulah Amalia
  • Teguh Julian Pribadi

Keywords:

Bimbingan belajar, Pengabdian masyarakat

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengabdian langsung dalam masyarakat. Dalam pelaksanaanya, ada berbagai program yang harus dijalankan oleh mahasiswa untuk implementasi ilmu yang di dapat selama di perkuliahan di dalam masyarakat. Peneliti memfokuskan pembahasan mengenai program bahasa asing karena dirasa sangat penting untuk pendidikan di SDN Budigalih yang masih minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat bahasa asing di SDN Budigalih yang tidak banyak dipelajari di sekolah, guna memudahkan siswa untuk ke mempelajari bahasa asing untuk pembelajaran ke depannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil dari program ini mempunyai efek positif terhadap siswa yang mengikutinya, siswa lebih mudah menerapkan pembelajaran yang diberikan ke dalam kehidupan sehari hari. Kendala yang ditemukan adalah adanya ketidak efektifitasnya alokasi waktu yang sangat terbatas, dan kurangnya fasilitas belajar yang memadai.

References

Aprianto, D, M Innuddin, I N M Yasa, and ... “Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Bagi Anak-Anak Usia Sekolah.” JPMB: Jurnal … X, no. X (2021): 121–34. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/view/168%0Ahttps://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/download/168/166.

Asmin, Arny Irhani. “Pengenalan Dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini Untuk Mempelajari Bahasa Inggris.” Prosiding Seminar Nasional 02 (2015): 191–97.

Jazuly, A. “Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 6, no. 6(1) (2016): 33–40.

Kusmaryati, S. E., & Amertaningrum, I. P. Exploring Students Interests In Learning English (A Descriptive Study in Elementary Schools in Kudus)., 2017.

Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Manalu, Debora, Erni Asneli Asbi, Kesejahteraan Sosial, Universitas Sumatera Utara, Anak Panti Asuhan, Intervensi Makro, and Bahasa Inggris. “Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Inggris Anak Lewat Pelaksanaan PKL 2 Di LKSA Anak Gembira” 2, no. 2 (2023): 121–29. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i2.1382.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Azzahra, F. S., Shafa Kaulah Amalia, & Teguh Julian Pribadi. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Asing di SDN Budigalih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3), 138–147. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3494