Mengoptimalkan Kreativitas dan Potensi Anak-Anak dalam Mempersiapkan Hari Kemerdekaan Indonesia di RW 001 Desa Nanggerang

Penulis

  • Rina Nurwina Wulansari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syahriyanu Syahidatul Kamil UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tharissa Adila Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irfan Addriadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Potensi, Pelatihan, Hari Kemerdekaan, Anak-Anak

Abstrak

Program pengabdian masyarakat atau Kuliah Kernya Nyata (KKN) yang dilaksanakan selama 40 hari oleh mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan teoritis dengan pengalaman praktis. Dalam mempersiapkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di RW 001, Desa Nanggerang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, peran kegiatan KKN telah menjadi faktor penting dalam mengoptimalkan kreativitas dan potensi anak-anak. Melalui KKN, mahasiswa kelompok 236 dapat merancang kegiatan kreatif yang melibatkan anak-anak dalam persiapan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023. Kegiatan tersebut termasuk pelatihan seni dan sastra. Dalam prosesnya, anak-anak tidak hanya mengembangkan keterampilan artistik, tetapi juga mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang arti cinta tanah air dan pentingnya kemerdekaan nasional. Hal ini juga menciptakan ikatan kuat antara mahasiswa dan anak-anak dalam memperkuat identitas nasional, dan membangun nilai-nilai patriotisme.

Referensi

Husna, U., & Tanura, L. N. (2021). Optimalisasi Potensi, Minat dan Bakat Anak-Anak Desa Kinciran Untuk Kemajuan Potensi SDM di Desa Kinciran. Jurnal Griya Cendikia, 6(1), 52-60.

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(2), 124-129.

P, Y. S., Ramli, S. A., & Hajeni. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE KELOMPOK B PADA TK PKK TO’LEMO KABUPATEN LUWU. Jurnal Tematik, 6(2), 76-87.

Perdani, P. A. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 129-136.

Yudhira, A., Hasanah, U., & Sitepu, K. (2023). Melatih dan Mengembangkan Kreativitas Serta Keterampilan Anak Melalui Dongeng. Journal of Entrepreneurship and Community Innovations, 1(2), 43-50.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Nurwina Wulansari, R., Kamil, S. S. ., Putri, T. A. ., & Addriadi, I. . (2023). Mengoptimalkan Kreativitas dan Potensi Anak-Anak dalam Mempersiapkan Hari Kemerdekaan Indonesia di RW 001 Desa Nanggerang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 100–108. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3463