Implementasi Thariqah Al-Intiqaiyah (Metode Eklektik) pada Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Belitung

Authors

  • Mimbar Fauzi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab, Metode Eklektik

Abstract

Keaktifan dan keefektifan proses belajar mengajar didalam kelas tidak terlepas dari kreatifitas seorang guru didalam proses menyampaikan pesan pengajaran kepada para siswanya. Demi untuk memaksimalkan kretifitas tersebut hendaknya seorang guru harus memiliki model pembelajaran yang kiranya relevan untuk diimplementasikan didalam kelasnya. Pada dasarnya antara pendekatan., metode dan teknik pembelajaran itu mempunyai hubungan yang hierarkis. Teknik adalah suatu hasil implementatif dari metode yang selalu konsisten dengan pendekatan yang dipilih artinya pendekatan bersifat aksiomatis, metode bersifat prosedural dan teknik bersifat operasional. Dalam Penelitian Implementasi Metode Eklektik pada pembelajaran mufrodat Bahasa Arab kelas VII MTsN 1 Belitung hasilnya adalah Pembelajaran mufrodat  bahasa arab di kelas VII MTsN 1 Belitung metode yang digunakan meliputi     Metode Ceramah, metode Terjemah, Metode Mubasyaroh, Metode qowaa’id, Metode Tanya Jawab, Metode Resitasi. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah latar belakang siswa yang heterogen kelancaran membaca tulisan arab yang kurang  serta kurangnya waktu belajar bahasa arab dan solusinya dengan mengadakan ekstrakulikuler BTQ dan resitasi.

References

Arsyad, A. (2004). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, M. H. (2019). Metode- Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk nMeningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut Al-'Arabiyah, 7(1), 13-30.

Awaluddin, A. F. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 151-167.

Ayatullaah. (2016). Penerapan Metode Eklektik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VI SDIT Anak Sholeh Mataram. Jurnal Palapa, 4(1), 149-167.

Effendi, A. F. (2017). Metodologi Pendidikan Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Khoiriyah, R. L. (2012). Pengaruh Metode Eklektik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. Journal of Arabic Learning and Teaching, 1(1), 1-7.

Kosim, N. (2016). Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung: Arfino Raya.

Mulu, B. (2013). Penerapan Thariqah Al-Qawaid wa Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok P[esantren Al-Munawwaroh Wawolwmo Sulawesi Tenggara. AL-lzzah, 8(1), 39-55.

Rifa'i, A. (2015). Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah (Metode Eklektik) Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Kediri 1. Realita, 13(2), 162-172.

Salman, A., & Khasan, A. (2019). Pengaruh Metode Qawa'id dan Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa MA Nurul Huda Munjul Cirebon. El-Ibtikar, 8(1), 14-32.

Sya'roni, A. (2020). Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama. Rayah Al-Islam, 4(2), 274-287.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Fauzi, M. (2021). Implementasi Thariqah Al-Intiqaiyah (Metode Eklektik) pada Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Belitung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(31), 148–161. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/343

Issue

Section

Articles