Pembuatan Tempat Akhir Pembuangan Sampah Guna Peningkatan Standarisasi Hidup Bersih Masyarakat Kp Cilimus Rt 03/Rw 09, Desa Bojonghaleuang

Authors

  • Muhammad Al Amin Nst UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dika Andrean
  • Syifa Fitriyani
  • Tiara Virginia
  • Arif Nursihah

Keywords:

Lingkungan, Sampah, Bak Sampah, Sosialisasi

Abstract

Laporan ini adalah penelitian tentang Pembuatan Tempat akhir pembuangan sampah guna Pemberdayaan Peningkatan Standarisasi Hidup Bersih Masyarakat Kp Cilimus Desa Bojonghaleuang Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat. Kesadaran masyarakat terhadap membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang hal ini memicu adanya penumpukan sampah di wilayah sekitar kampung khususnya tempat lahan-lahan yang kosong sehingga masih belum tersalurkan dengan baik yang mengakibatkan sampah menumpuk dan tidak dapat di daur ulang. Tujuan penelitian ini untuk membantu masyarakat terkait kendala membuang sampah dan meningkatkan standarisasi hidup bersih. Solusi yang ditawarkan dari anggota KKN kelompok 191 dan pihak perangkat desa, terhadap penanggulangan permasalahan sampah di kampung Cilimus yaitu dengan membuat tempat atau bak tempat sampah yang nantinya akan dijadikan tempat pembuangan akhir dengan cara di bakar.

 

Author Biographies

Muhammad Al Amin Nst, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 

Dika Andrean

 

 

Syifa Fitriyani

 

 

Tiara Virginia

 

 

Arif Nursihah

 

 

References

Azra, Azyumardi, 2007. “Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme.(Azra, 2007)

Handayani, Risma. Pembangunan Masyarakat Pedesaan. Alauddin University

Press, 2014.(Risma, 2014)

Huraerah. Abu. Pengorganisasian & Pengembangan Masyarakat (Model Strategi

Pembangunan Berbasis Kerakvatan). Bandung: Humaniora, 2008.(Huraerah, 2008)

Masri, Abd Rasyid. Sosiologi dan Komunikasi Pembangunan Pedesaan. Makassar: Alauddin University Press, 2014.(Masri, 2014)

Saraswati, SP. 2001. Pengelolaan Sampah. Laboratorium Teknik Penyehatan & Lingkungan.(Saraswati, 2001)

Suriawiria, U, 1996. Mikrobiologi Air dan Dasar-Dasar Pengolahan Buangan Secara Biologis, Bandung, Penerbit Alumni.(Suriawiria, 1986)

Tafsiran Furnivall oleh Nasikun dalam Nasikun, Sistem Sosial Indonesia (Jakarta: Rajawali Press, 2006) h.39-40.(“Tafsiran Furnivall Oleh Nasikun Dalam Nasikun,” 2006)

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Nst, M. A. A., Dika Andrean, Syifa Fitriyani, Tiara Virginia, & Arif Nursihah. (2024). Pembuatan Tempat Akhir Pembuangan Sampah Guna Peningkatan Standarisasi Hidup Bersih Masyarakat Kp Cilimus Rt 03/Rw 09, Desa Bojonghaleuang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 325–335. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3427

Issue

Section

Articles