Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Penyuluhan dan Ecoprinting

Authors

  • Busro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Al-kindi Nur Fuadi Mahasiswa
  • Inka Alamanda Al-kautsar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Rhizal UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Campakamulya, Penyuluhan, Lingkungan, Ecoprint, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini menggambarkan kegiatan penyuluhan dan ecoprint yang dilaksanakan di SDN Bungalawang. Perubahan kualitas lingkungan sekarang yang kurang baik sebagian besar terjadi karena perbuatan manusia. Permasalahannya sebagian dari masyarakat masih membuang sampah sembarangan. kondisi ini pun terjadi di SDN Bungalawang Desa Campakamulya. terlihat beberapa kelas yang kurang terjaga kebersihannya, Ini membuktikan bahwa kepedulian siswa belum muncul terhadap kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, dengan diadakannya penyuluhan sampah dan kegiatan ecoprint terhadap siswa di SDN Bungalawang Desa Campakamulya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan dan juga melatih kreativitas siswa. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan yang mengacu dari teori Nasution (1982). Menurutnya, pelatihan merupakan proses belajar mengajar dengan teknik dan metode tertentu, guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan kerja seseorang dimana tujuan pelatihan untuk meningkatkan produktivitas. Hasil pelaksanaan kegiatan ecoprint di SDN Bungalawang, Campakamulya desa Cimaung adalah sebagai berikut: (1) Karakter Peduli lingkungan indikator tidak menggunakan pewarna sintesis berbahaya. (2) Karakter Peduli lingkungan indikator mengurangi penggunaan bahan kimia beracun. (3) Karakter Peduli lingkungan indikator hemat energi dan air. (4) Karakter Peduli lingkungan indikator merawat tanaman. (5) Karakter Peduli lingkungan indikator reduce, reuse, dan recycle. Berdasarkan hasil observasi dalam kegiatan ini siswa menggunakan daun-daunan yang mereka bawa dari lingkungan rumah masing-masing seperti daun jati, jambu, manga, ataupun tanaman hias dan lain-lain. Secara langsung kegiatan ini telah memberikan kontribusi bagi generasi bangsa dalam menyelamatkan lingkungan dari kerusakan akibat penggunaan bahan-bahan pewarna sintesis yang berbahaya bagi lingkungan.

References

Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura, 1(2), Hal. 123-133. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1171

Airlanda, G. S. (2018). The Analysis of Scientific Attitude with Environmental Knowledge Through the Role Of Teacher And Parents. 7(2), 130–136. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v7i2.13742

Anintyawati, D. M. dan R. (2022). Penyuluhan Program Penghijauan untuk Menanamkan Pendidikan Karakter “Cinta Lingkungan” di Sekolah Dasar”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 47–51. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15529 Arifin, B. & M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Ar-Ruzz Media.

Ariyani, Y. D., & Wangid, M. N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 116–129. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10737

Azzet, A. M. (2013). Urgensi Pendidikan Karaketer Di. Indonesia. Ar-Ruzz Media.

Desstya, A. (2015). Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa [Strengthening The Character Of Elementary School Students Through Learning Science]. Jurnal Aktualisasi Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik Yang Berkarakter, 69–75.

Effendi. (2018). Hukum Pengelolaan Lingkungan. Indeks. Elmy, M., & Winarso, H. P. (2020). Kepedulian Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan ( Studi Terhadap Warga Di Bantaran Sungai Kuin Kota Banjarmasin ). Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 5(1l), 88–92. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7553

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Busro, Al-kindi Nur Fuadi, Al-kautsar, I. A., & Muhamad Rhizal. (2023). Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Penyuluhan dan Ecoprinting. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 74–82. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3392