Penyuluhan kepada Masyarakat Rt 009 Rw 003 Desa Lemahabang dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat

Authors

  • Gema Safitri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tika Karlina Rachmawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Penyuluhan, Pola Hidup Sehat, Kesehatan

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang penting untuk menunjang segala kegiatan dan aktipitas yang akan di lakukan. Kesehatan diartikan sebagai kondisi fisik, kondisi mental serta kondisi sosial yang terbebas dari gangguan penyakit sehingga aktivitas yang akan dilakukan dapat dilaksanakan secara optimal. Pola hidup sehat merupakan suatu kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan oleh semua orang. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, masyarakat RT 009 RW 003 desa Lemahabang belum menerapkan pola hidup yang sehat. Maka dari itu penyuluhan ini bertujuan agar masyarakat setempat melek akan pola hidup yang sehat dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari, metode yang digunakan yaitu penyuluhan atau edukasi. Kegiatan yang lakukan antara lain kesehatan secara umum, kesehatan lingkungan, gizi seimbang, dan pencegahan penyebaran virus covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Dari kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa respon masyarakat baik

References

Andri Septyano, W. D. (2020). Sosialisasi Pentingnya Pola Hidup Sehat Guna Meningkatkan Kesehatan Tubuh Pada Masyarakat Desa Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengan. DEDIKASI PKM UNPAM, 55-62.

Endang Susanti, N. (2018). Kontruksi Makanan Pola Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). Jurnal Lugas , 1-12.

Hanifah, E. (2011). Pola Hidup Sehat. Jakarta: PT Sarana Bangsa Pustaka.

Herviza Wulandary Pane, T. d. (2020). Gizi dan Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rotua Sumihar, R. (2019). Penyuluhan Tentang Pola Hidup Sehat Di Keluarga Tanjung Gusta. urnal Mitra Keperawatan dan Kebidanan Prima., 1-6.

Rudatin Windraswara, D. (2017). Analisis Potensi Reduksi Sampah Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Kesehatan Lingkungan. Journal of Public Health.

Soedjajadi, K. (2005). Kesehatan Perumahan dan Lingkungan perumahan. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 21-34.

Yanwari, E. ( 2018). Pengaruh sikap Religius Terhadap Prilaku Hidup Bersih dan sehat Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 21-40.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Safitri, G., & Rachmawati, T. K. (2021). Penyuluhan kepada Masyarakat Rt 009 Rw 003 Desa Lemahabang dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(31), 108–117. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/339

Issue

Section

Articles