Pengembangan Kegiatan Islami dengan Menyelenggarakan PHBI dan Kegiatan Keagamaan di Kampung Cijengkol Desa Mangunjaya Kab Bandung dalam Program Kuliah Kerja Nyata

Authors

  • Sinta Nurmala UIN Sunan Gunung Djati
  • Muhamad Daffa Saputra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Naufal Arif Maulana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila Lidini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kp Cijengkol, KKN, PHBI, Keagamaan, Islam

Abstract

Kampung Cijengkol Desa Magunjaya Kecamatan Arjasari adalah suatu kampung Yang berada dalam Kabupaten Bandung yang mayoritas penduduk aslinya beragama islam. Salah satu program kerja KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung Kelompok 17 yaitu mengembangkan kegiatan keagamaan di kampung Cijengkol tersebut melalui pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam dan juga kegiatan keagamaan lainnya dengan tujuan agar masyarakat cijengkol terutama anak-anak sebagai generasi penerus islam lebih bersemangat untuk mempelajari dan ikut serta dalam kegiatan keagamaan. Sementara itu, metode yang digunakan pemberdayaan masyarakat yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan perlombaan. Hasil penelitian pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa anak-anak kampung Cijengkol sangat berpotensi untuk menjadi generasi islam yang baik. Dampak dari kegiatan ini yaitu terciptanya ide remaja dalam melaksanakan PHBI, peningkatan semangat anak-anak untuk mengikuti pengajian di TPA, dan peningkatan semangat warga untuk belajar agama islam.

References

Ceni , Wulandari Eka Putri, Sugiatno, dan Siswanto . 2020. “Dampak Kuliah Kerja Nyata Dalam Pengembangan Keagamaan Bagi Remaja.” Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan .

Kustini. 2007. Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pendalaman Ajaran Agama Melalui Majelis Taklim. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Muiz , Hanhan Abdul , dan Dewi Kustanti. 2021. “Kkn Dr Sisdamas : Efekivitas Peran dan Fungsi Mahasiswa Terhadap Masyarakat Desa Cinta Asih.”

Patuti , Asnawati , dan Rahmat. 2020. “PELAKSANAAN PROGRAM PENDEKATAN KEAGAMAAN MELALUI KKN STIBA MAKASSAR DI DESA BARUGA KABUPATEN MAROS .” WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Sinta Nurmala, Saputra, M. D. ., Maulana, N. A. ., & Lidini, S. . (2023). Pengembangan Kegiatan Islami dengan Menyelenggarakan PHBI dan Kegiatan Keagamaan di Kampung Cijengkol Desa Mangunjaya Kab Bandung dalam Program Kuliah Kerja Nyata. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 235–247. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3389