Analisis Kesadaran Masyarakat dalam Menghadapi Persoalan Lingkungan di RW 05 dan 11 desa Campakamulya

Authors

  • Gilang Rhamadan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Azzahra Fadila
  • Hasyifah Ilmi Amimah Achmad

Keywords:

Sampah, Lingkungan, Observasi

Abstract

Kebersihan adalah salah satu aspek penting yang perlu di jaga dalam lingkungan masyarakat karena lingkungan yang bersih memiliki dampak positif bagi keberlangsungan hidup masyarakat maupun negara. Pentingnya kebersihan memunculkan berbagai program yang dapat meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar terutama mengenai sampah. Metode yang digunakan merupakan metode kepada masyarakat (PKM) dalam pengabdian masyarakat ini ialah menggunakan metode pengabdian Participatory Action Research (PAR) merupakan pendekatan yang memiliki tujuan yaitu untuk mengatasi permasalahan dan menjawab kebutuhan praktis masyarakat, serta penciptaan pengetahuan dan proses perubahan sosial – keagamaan. Minimnya penerapan gaya hidup ramah lingkungan, maraknya barang yang dihasilkan namun hanya digunakan sekali pakai, bahkan persoalan utama adalah kurangnya kesadaran yang tumbuh diwilayah masyarakat sekitar semakin mempersulit penguraian sampah yang terjadi oleh karenanya perlu adanya sebuah refleksi dalam mengenali dan memahami seputar sampah. Dengan begitu maka dilaksanakanlah kegiatan sosialiasi dan observasi masyarakat guna mengetahui bagaimana keadaan sampah disekitar masyarakat. Berlanjut, aksi terjun lapangan dengan membersihkan jalan kawasan wisata, melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai dampak-dampak dari kelalaian dalam membuang sampah hingga mengadakan lomba pilah sampah yang dapat didaur ulang. Hal ini guna memberikan motivasi juga menumbuhkan kesadaran dari setiap individu masyarakat agar lebih menjaga lingkungannya terutama dalam hal sampah.

Kata Kunci: Sampah, Lingkungan, Observasi

References

Entjang. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2006.

Nasar dkk. Prinsip Dasar Kebersihan Lingkungan. Jakarta: EGC, 2008.

Chicago Manual of Style 17th edition (full note)

INLINE CITATION John L. Campbell and Ove K. Pedersen, “The Varieties of Capitalism and Hybrid Success,” Comparative Political Studies 40, no. 3 (March 1, 2007): 307–32, https://doi.org/10.1177/0010414006286542.

BIBLIOGRAPHY Campbell, John L., and Ove K. Pedersen. “The Varieties of Capitalism and Hybrid Success.” Comparative Political Studies 40, no. 3 (March 1, 2007): 307–32. https://doi.org/10.1177/0010414006286542.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Rhamadan, G., Fadila, A., & Ilmi Amimah Achmad, H. (2024). Analisis Kesadaran Masyarakat dalam Menghadapi Persoalan Lingkungan di RW 05 dan 11 desa Campakamulya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 440–451. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3381

Issue

Section

Articles