Upaya Pemberdayaan Pemuda Melalui Karang Taruna sebagai Motor Penggerak di Wilayah Rt 05 Kaliabang Tengah

Authors

  • Luk Luk Atin Marfu’ah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Ruli Saqinah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dimas Anggara Putra T Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Habibah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Nurfajriyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Karang Taruna, Organisasi, Pemuda

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungan yang serta terbatas ini, begitupun dengan kaum milenialnya. Situasi Covid-19 berhasil membuat Karang Taruna di wilayah RT 05 tidak lagi aktif.  Kegiatan yang kami buat bertujuan membantu mengatasi kendala yang di hadapi Karang Taruna dalam melakukan peran sosialnya di wilayah RT 05 RW 03 Kaliabang Tengah. KKN DR Sisdamas adalah proses pemberdayaan masyarakat, yang memadukan penelitian dengan pengabdian, menggunakan tahapan yaitu Sosialisasi Awal dan Refleksi Sosial, Pemetaan Sosial dan Organisasi Masyarakat, Perencanaan Partisipatif dan Sinergi Program, Pelaksanaan Program dan Monotoring Evaluasi. Kegiatan ini merupakan pelatihan keorganisasian, membentuk struktur organisasi dan membuat program kerja Karang Taruna RT 05.  Berdasarkan hasil dari kegiatan pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi yang sudah terealisasikan melalui rapat bersama pengurus dan pemuda RT 05 RW 03, dapat disimpulkan bahwa program kegiatan yang kami berikan kepada pemuda dapat membantu mereka mengaktifkan kembali karang taruna yang pasif.

References

Fridayanti, F., Sururie, R. W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah, Z., & Mardiansyah, Y. (2019). Model KKN Sisdamas Uin Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan Dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat, 2(1), 24-28.

Novianto, Dwi. 2019. Peran Karang Taruna Dalam Membangun Desa, Kalimantan Barat: CV Derwati Press.

Sutrisno. 2019. Kegiatan-Kegiatan Positif Yang Bisa Dilakukan Karang Taruna Desa, Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Suwandono, Yusup, Vivie Vijaya Laksmi. 2019. Manajemen Perubahan Menuju Organisasi Berkinerja Tinggi, Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Wirjana, Bernardine R. 2007. Mencapai Manajemen Berkualitas: Organisasi, Kinerja, Program, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Marfu’ah, L. L. A., Saqinah, A. R., T, D. A. P., Habibah, N., & Nurfajriyah, S. (2021). Upaya Pemberdayaan Pemuda Melalui Karang Taruna sebagai Motor Penggerak di Wilayah Rt 05 Kaliabang Tengah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(31), 83–97. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/337

Issue

Section

Articles