Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan Melalui Kerja Bakti di Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung

Penulis

  • Lisda Rahmawati UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Fadli Febriana UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Busro

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Masyarakat, Kerja Bakti, Lingkungan

Abstrak

Artikel ini membahas peran pemberdayaan masyarakat melalui kerja bakti dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menunjukkan bahwa kerja bakti telah berhasil meningkatkan kesadaran lingkungan dan keterlibatan aktif masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kerja bakti seperti membersihkan lingkungan dan menanam pohon, penduduk desa telah mengalami peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan mereka. Selain itu, mereka merasa memiliki peran yang lebih signifikan dalam menjaga dan memperbaiki lingkungan mereka. Pemberdayaan masyarakat melalui kerja bakti tidak hanya menciptakan kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di komunitas. Artikel ini juga mencermati implikasi dari pemberdayaan ini dan peran pemerintah serta pihak terkait dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan di tingkat desa. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana kerja bakti dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kepedulian lingkungan di komunitas pedesaan.

Referensi

Rahim, M. F., Isbintara, R., Adi, R. S., & Gunanto, D. (2022, October). Kerja Bakti Bersih- Bersih Masjid Nurul Amal Lembur Sawah, Kampung Sawah, Rumpin, Kabupaten Bogor. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Hariana, H., Herinda, M., & Trifandi, L. (2021). Peranan mahasiswa KKN dalam melaksakanan kegiatan tambahan di lokasi pengabdian desa Botuwombato. Jurnal Abdimas Terapan, 1(1), 10-16.

Salma, D., Nurmalitasari, D., Khamdi, I. M., Romadhona, N. S., & Agustiningsih, W. (2022). Penyuluhan Pentingnya Pendidikan Tinggi Melalui Kegiatan Kerja Bakti di Kelurahan Kepel. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(6), 769-776.

Nur, I. (2023). Program Kerja Bakti di RT. 01 Bumi Permata Sudiang oleh Mahasiswa Kkn Tematik 53 Non-Reguler Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bosowa. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18-25.

Marselina, A., Ismail, N., Djou, L. D. G., & Nona, F. R. (2022). Pelaksanaan Program Kerja dalam Kegiatan KKN Mandiri Universitas Flores di Kelurahan Paupire. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 210-218.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Rahmawati, L., Febriana, F., & Busro. (2024). Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan Melalui Kerja Bakti di Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 464–469. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3369

Terbitan

Bagian

Articles