Pentingnya Membangun Pendidikan Karakter Pada Usia Dini dalam Moderasi Beragama Guna Menciptakan Generasi Emas 2045

Authors

  • Riska Amalia Pitri UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Seinri Shafwatul Zahra
  • Sillvi Meissya Erlinda

Keywords:

Pendidikan, Usia Dini, Pengajaran

Abstract

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program wajib yang ada di sebagian besar perguruan tinggi di indonesia. Program ini memiliki tujuan utama yaitu memberikan pengalaman praktis, meningkatkan keterampilan sosial, pembangunan masyarakat. Program ini menciptakan kesempatan untuk pertukaran pengetahuan antara mahasiswa dan masyarakat, yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak. Pendidikan adalah proses pembelajaran dan pengembangan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan pemahaman yang dilakukan dalam lingkungan formal atau informal. Ini adalah faktor penting dalam perkembangan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan karakter pada usia dini ini bertujuan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini, dan membentuk kepribadian mahasiswa yang memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama serta mengimplementasikan pengetahuan  yang mahasiswa miliki khususnya pengetahuan dibidang pendidikan serta berperan aktif terhadap kehidupan masyarakat. Metode pengajaran yang digunakan adalah dengan bentuk pengajaran kuis, tes atau latihan soal, dan interaksi atau tanya jawab. Kemudian dengan memulai pembelajaran bersama disekolah dan secara mandiri dirumah mereka masing masing dengan memberikan pekerjaan rumah.

Kata Kunci: Pendidikan, Usia Dini, Pengajaran

 

 

 

Abstract

Community Service Program is a mandatory program in most universities in Indonesia. This program has the main objective of providing practical experience, improving social skills, community development. This program creates opportunities for exchange of knowledge between students and the community, which can provide long-term benefits for both parties. Education is a process of learning and developing knowledge, skills, values, and understanding that is carried out in a formal or informal environment. It is an important factor in the development of individuals and society as a whole. Character education at an early age aims to develop various potentials of children from an early age, and form the personality of students who have a caring spirit for others and implement the knowledge students have, especially knowledge in the field of education and play an active role in community life. The teaching method used is in the form of teaching quizzes, tests or practice questions, and interaction or question and answer. Then by starting learning together at school and independently in their respective homes by giving homework.

Keywords: Education, Early Age, Teaching

 

References

Musyawir, Musyawir. "Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (Studi Meta-Sintesis)." PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA. Vol. 1. No. 2. 2022.

Harsono, Beni, Soesanto, and Samsudi. "Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem." Jurnal PTM, 2009: 71-79.

Widodo, Agung. "Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan." Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 4. No. 5. 2012.

Sahroni, Dapip. "Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran." Prosiding seminar bimbingan dan konseling. Vol. 1. No. 1. 2017.

Omeri, Nopan. "Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan." Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 9.3 (2015).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Riska Amalia Pitri, Shafwatul Zahra, S. ., & Meissya Erlinda, S. . (2024). Pentingnya Membangun Pendidikan Karakter Pada Usia Dini dalam Moderasi Beragama Guna Menciptakan Generasi Emas 2045. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 480–489. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3363

Issue

Section

Articles