Dinamika Penentuan Arah Kiblat dengan Perhitungan Trigonometri Bola Di Desa Pasirjambu

Authors

  • Raihanny Nadira Amriely Sunan Gunung Djati State Islamic University Bandung
  • Rahma Syifa Nurhanifah
  • Muhammad Ali Husaeni

Keywords:

arah kiblat, Trigonometri bola, pengabdian, KKN Pengabdian Masyarakat

Abstract

Menghitung arah kiblat pada dasarnya adalah perhitungan untuk menentukan ke arah mana Ka'bah Mekah dilihat dari suatu tempat di permukaan bumi, sehingga hal tersebut dapat memenuhi syarat sah Sholat. Penentuan akan arah kiblat seringkali menjadi sebuah permasalahan bagi para umat Muslim yang jauh dari Ka’bah. Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk menentukan arah kiblat dan salah satunya ialah dengan perhitungan trigonometri bola dengan menambahkan nilai lintang dan bujur yang diperoleh dari GPS. Dari perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa arah kiblat pada masjid Al-Ikhlas yaitu 295,2° utara dan 155,2° selatan, sehingga arah kiblat sebelum dan sesudah penelitian atau perhitungan memiliki selisih sebesar 15°. Hal tersebut didasari akan beberapa faktor dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan terutama dalam hal syarat sah suatu Sholat yang di mana harus menghadap sesuai kiblat atau menghadap Ka’bah. Dalam kegiatan pengabdian yang telah dilakukan ini menggunakan metode pengabdian service learning atau yang lebih serimg dikenal dengan singkatan SL, yaitu penerapan pengetahuan perkuliahan ditengah-tengah masyarakat atau komunitas sekaligus berinteraksi dengan masyarakat atau komunitas dan menjadi solusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi.

References

Autoridad Nacional del Servicio Civil, “Peninjauan Arah Kiblat Masjid Di Kecematan Mattiro Bulu’ Kabupaten Pinrang,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.

H. A. Izzuddin, M. Ag, M. Ulama, I. Pusat, and M. U. I. No, “Metode Penentuan Arah Kiblat dan Akurasinya,” no. 3, pp. 759–811, 2010.

G. K. Wardani, W. Kurniawan, N. Dianing, and W. Kristiyanto, “Pengujian Pemberlakuan Rumus Segitiga Bola dalam Penentuan Arah Kiblat Sholat,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Pendidik. Sains VII Univ. Kristen Satya Wacana, pp. 69–76, 2012.

Jayusman, “Akurasi Metode Penentuan Arah Kiblat: Kajian Fiqh Al-Ikhtilaf Dan Sains,” Asas, vol. 6, no. 1, pp. 72–86, 2014.

R. Abdullah, “Akurasi Arah Kiblat Masjid dan Musala di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara,” IAIN Palangkaraya, Kalimantan Teng., p. h.122, 2021.

Abd. Rivai., “Penerapan Konsep Trigonometri Segitiga Bola terhadap Penentuan Hisab Awal Bulan Qamariyah yang Berdasarkan Sistem Almanak Nautika,” Repos. Univ. Islam Negeri Alauddin Makassar, pp. 12–13, 2014, [Online]. Available: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7814/.

I. M. Winandar Ganis Kresnadjaja, “Menentukan Arah Kiblat Mushala Fakultas Saintek Uin Bandung Menggunakan Kompas Kiblat Digital,” Al-HAZEN J. Phys., vol. 1, no. 1, pp. 149–150, 2014.

Mada Sanjaya W.S.,P. A. S., 2020. Eksperimen Fisika Dasar dari Rumah (Physics Experiment from Home). Cetakan 1 penyunt. Komp. Permata Biru Blok 1 No 76, Cinunuk, Cileunyi, Bandung: BOLABOT – CV Bolabot.

Raharto, Moedji, and Dede Jaenal Arifin. "Telaah penentuan arah kiblat dengan perhitungan trigonometri bola dan bayang-bayang gnomon oleh matahari." Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia 11, no. 1 (2011): 23-29.

Afandi, Agus, N. Laily, and M. H. U. Noor Wahyudi. "Metodologi Pengabdian Masyarakat. edited by JW Suwendi." Abd. Basir. Yogyakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI (2022).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Amriely, R. N., Syifa Nurhanifah, R. ., & Ali Husaeni, M. . (2024). Dinamika Penentuan Arah Kiblat dengan Perhitungan Trigonometri Bola Di Desa Pasirjambu. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 515–530. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3355

Issue

Section

Articles