Peran Taman Baca dalam Mendorong Minat Baca Anak-Anak di Kampung Citunjang Desa Mekarwangi

Authors

  • Nirma Astuti Andayani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asyaliah Zahroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saifi Al-Bisri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hafid Ali

Keywords:

Minat Baca, Taman Baca

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di Indonesia adalah rendahnya minat baca terhadap anak-anak dan kurangnya budaya literasi. Begitu juga yang tejadi di Kampung Citunjang Desa Mekarwangi yang belum bisa memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) dan ketersediaan fasilitas yang kurang memadai sehingga tidak banyak anak yang memiliki minat baca . Salah satu program yang dilaksanakan di Kampung Citunjang Desa Mekarwangi adalah pembuatan Taman Baca. Anak-anak akan termotivasi dan mempunyai semangat yang tinggi jika  ditunjang oleh buku dan lingkungan yang nyaman. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang didasarkan pada penggambaran deskripsi suatu kasus-kasus yang akan di teliti, data diperoleh melalui observasi dan wawancara untuk mendapatkan data yang akurat. Taman baca ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat baca dan mengetahui sejauh mana minat anak-anak terhadap membaca. Oleh karena itu, taman baca dilaksanakan di luar ruangan sehingga anak-anak tidak merasa jenuh dan menyadari pentingnya membaca.

Kata Kunci: Minat Baca, Taman Baca

References

Akbar, Asriyanti Syarif, Muh. Ikmal Saleh, and Jumiati. 2022. “Penguatan Kelembagaan Lokal Dalam Pengembangan Agribisnis Hortikultura Di Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng.” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 18 (2): 159–74.

Madiun, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota. 2021. “Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Pembentukan Taman Baca Masyarakat.” Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Madiun 1 (1): 9–18. https://riset-iaid.net/index.php/khidmat/article/view/740%0Ahttps://riset-iaid.net/index.php/khidmat/article/download/740/617.

Mansyur, Umar. 2019. “Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca.” Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, no. December: 203–2017. https://osf.io/va3fk.

Mulasih, Mulasih, and Winda Dwi Hudhana. 2020. “Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 9 (2): 19. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2894.

Reynaldi, Muhammad, and Martin Halim. 2022. “Taman Baca Masyarakat Rorotan Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat.” Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa) 4 (1): 519. https://doi.org/10.24912/stupa.v4i1.16933.

Saepudin, Encang, Agus Rusmana, Program Studi, Ilmu Perpustakaan, and Universitas Padjadjaran. 2017. “Peran Merupakan Suatu Gambaran Dan Fungsi Seseorang Dalam Kehidupan Sosial.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 5 (1): 1–12. http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/10821/5712.

Thoriq Maulana, Muhammad, Muhammad Hilmi Habibullah, Sunandar, Nur Sholihah, Muhammad Ainul Rifqi L. P., and Farid Fahrudin. 2015. Laporan Akhir Laporan Akhir. Laporan Akhir. Vol. 1.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Nirma Astuti Andayani, Zahroh, A., Al-Bisri, S. ., & Ali, H. (2024). Peran Taman Baca dalam Mendorong Minat Baca Anak-Anak di Kampung Citunjang Desa Mekarwangi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 498–505. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3350

Issue

Section

Articles