Peran Pemuda dalam Pengajaran kepada Anak Sekolah sebagai Wujud Pengabdian pada Era Pandemi

Authors

  • Anggi Dinda Anjeliqa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifda Huliyah Muharromah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizqiatul Badriah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

pengajaran, pengabdian, pandemi

Abstract

Adanya wabah virus covid-19 mengharuskan anak-anak sekolah untuk lebih banyak belajar di rumah. Program mengajar ini dilatar belakangi oleh pergeseran peran guru di sekolah menjadi peran orangtua di rumah dalam memberikan pembelajaran akademik anak, selain daripada harus mengajari anak, orangtua juga dihadapkan dengan pekerjaan yang lainnya baik di rumah maupun di tempat kerja. Program mengajar ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolah, memberikan pengetahuan cara menangani stres di rumah, meningkatkan jiwa nasionalisme anak, juga meningkatnya kesadaran untuk selalu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat dimasa pandemi. Metode yang digunakan yaitu diskusi dan ceramah. Hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, mengajar anak-anak, melakukan sharing cara menangani stres juga praktik konseling sebaya, melaksanakan praktik langsung menyanyikan lagu wajib nasional tepat di tanggal 17 agustus, menonton film perjuangan, juga praktik mencuci tangan yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai hal tersebut baik kepada keluarga maupun temannya.

References

Desa Sindangpakuon. 2020. Profil Desa Sendangpakuon. Kecamatan Cimanggung. Kabupaten Sumedang

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 55-61.

In'am, Asichul. (2020). Peran Pemuda dalam Pendidikan Sosial Kemasyarakatan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 67-76.

Mira Juliya, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, 281-294.

Mitra Binariang Lase, T. T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Menghadapi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete, 15-27.

Ni Nyoman Serma Adi, D. N. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 43-48.

Ratna Sari, M. N. (2020). Pemberdayaan Remaja Masjid Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Workshop Dan Simulasi Konseling Sebaya. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 190-203.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Anjeliqa, A. D., Muharromah, R. H., & Badriah, R. (2021). Peran Pemuda dalam Pengajaran kepada Anak Sekolah sebagai Wujud Pengabdian pada Era Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(31), 61–70. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/335

Issue

Section

Articles