Bank Sampah Sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Dusun Kebonjaya

Sampah

Penulis

  • Ahmad Zainuri Hasyim
  • Izman Ibnu Hisan Ilman Nafian
  • Mohammad Ravi

Kata Kunci:

Bank Sampah, Sampah, Pengolaan Sampah

Abstrak

Pengelolaan sampah telah menjadi salah satu isu kritis yang dihadapi oleh banyak komunitas di seluruh Indonesia, termasuk Dusun Kebonjaya. Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan pola konsumsi, volume sampah yang dihasilkan secara signifikan meningkat. Sayangnya, infrastruktur pengelolaan sampah yang ada seringkali tidak memadai untuk menangani tantangan ini. Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan Bank Sampah sebagai salah satu alternatif dalam pengelolaan sampah di Dusun Kebonjaya. Metode yang digunakan Metode penelitian yang dipakai yaitu metode pengabdian dengan tiga tahap yaitu : 1) persiapan; 2) pelaksanaan; dan 3) evaluasi. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian yaitu Tugas bank sampah adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilahan sampah, meningkatkan kesadaran warga dalam mengelola sampah secara bijak guna mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Selama proses pendidikan warga melalui pengembangan bank sampah, kerjasama yang erat dengan para pengurus PKK dalam setiap kegiatan sangatlah penting untuk memaksimalkan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, dukungan dari pemerintah daerah dan pengusaha lokal akan sangat mendukung integrasi pengembangan bank sampah.

Kata Kunci: Bank Sampah, Sampah, Pengolaan Sampah

Referensi

Andriyani, Dewa Ayu Oki, and Dewa Ayu Agustini Posmaningsih. “Studi Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Pedagang Tentang Pengelolaan Sampah Di Pasar Umum Ubud Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar Tahun 2017.” Jurnal Kesehatan Lingkungan (JKL) 9, no. 1 (2019): 81–91. https://doi.org/10.33992/jkl.v9i1.670.

Arisona, Risma Dwi. “PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 3 (2018): 39–51.

Asteria, Donna, and Heru Heruman. “Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Di Tasikmalaya.” Jurnal Manusia Dan Lingkungan 23, no. 1 (2016): 8.

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2019.

Dobiki, Joflius. “Analisis Ketersedian Prasarana Persampahan Di Pulau Kumo Dan Pulau Kakara Di Kabupaten Halmahera Utara.” Jurnal Spasial Volume 5, no. 2 (2018): 220–28.

Nggilu, Ariyanto, Naufal Raffi Arrazaq, and Thayban Thayban. “Dampak Pembuangan Sampah Di Sungai Terhadap Lingkungan Dan Masyarakat Desa Karya Baru.” Normalita 10, no. 3 (2020): 196–202.

Suryani, Anih Sri. “Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang).” Aspirasi 5, no. 1 (2017): 71–84. https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/447/344.

Thabroni, Gamal. “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh).” Serupa.id, 2022. https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif-kualitatif-konsep-contoh/.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Zainuri Hasyim, A. ., Hisan Ilman Nafian, I. I. ., & Ravi, M. . (2024). Bank Sampah Sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Dusun Kebonjaya: Sampah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 538–547. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3332

Terbitan

Bagian

Articles