Penerapan Digital Marketing Sabun Sahati sebagai Upaya Pemberdayaan UMK pada Masa Pandemi

Authors

  • Irma Mar’atusholihah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tanti Dewinggih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Digital Marketing

Abstract

Covid-19 menjadi pemicu setiap kendala yang terjadi saat ini baik di Indonesia maupun luar negeri. Himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya penularan virus ini mengharuskan masyarakat untuk tetap berdiam diri di rumah. Karena itu ekonomi masyarakat mengalami ketidakstabilan dan pendapatan mengalami penurunan yang cukup drastis dan salah satu yang terdampak adalah Usaha Mikro Kecil (UMK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaku UMK dalam memahami pemanfaatan jejaring sosial sebagai media digital marketing terhadap peningkatan profit komoditas bagi UMK. Hasil dari penelitian ini adalah adanya ketertarikan pelaku UMK untuk menggunakan digital marketing dalam memasarkan produk UMK dan adanya motivasi baru untuk terus tumbuh dengan mencoba memulai hal baru dan beradaptasi dengan suasana yang baru. Dengan pemanfaatan digital marketing dapat meningkatkan dan meluaskan pemasaran produk. Dan diharapkan pelaku UMK dapat memaksimalkan adanya gidital marketing ini agar bersaing memberikan yang terbaik kepada para customer juga dapat mempertahankan hasil penjualan di era pandemi ini

References

Akim, K. N. ((2018)). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31–49. , . Retrieved from http.

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa.

Dedi Purwana ES, R. S. (2017.). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) . .Vol. 1 No. 1.

Ferrell, O. H. ((2015). ). Digital Marketing and Social Networkin. In Business - A Changing World. New York: Mc. Graw-Hill.

Hardilawati, L. W. (2020.). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. . Jurnal Akuntansi dan Ekonomika. Vol 10(1). 89–98 pp.

Kartika, I. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. . Bandung: Alfabeta.

Mahalaxmi, K. R. ( 2016). ” A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy.”. International Journal fot Innovative Research in Science and Technoligy, 2(10), 332-338.

Muljanto, M. A. (2020. ). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. . Jurnal Ilmiah Pangabdhi. Vol 6 (1), 40–43 pp.

Narto, N. H. (2020. ). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. . Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya. Vol 6(1). 48–54 pp.

Purwana, D. R. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1).

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Mar’atusholihah, I., & Dewinggih, T. (2021). Penerapan Digital Marketing Sabun Sahati sebagai Upaya Pemberdayaan UMK pada Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(31), 34–45. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/333

Issue

Section

Articles