Pentingnya Stimulasi Early Chilhood Education dalam Pengembangan Bahasa Anak Paud Nusa Indah Kp Sukagalih

Authors

  • Akbar Fauzan Azima
  • Arif Sutrisna
  • Riris Risna Herawati

Keywords:

Early Childhood Education (ECE), Pengembangan Bahasa

Abstract

Keterampilan berbahasa, khususnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai, khususnya dalam pembelajaran bahasa pada anak kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya stimulasi Early Childhood Education (ECE) dalam pengembangan bahasa anak-anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari sudut pandang psikolinguistik. ECE merupakan suatu pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan kognitif dan bahasa anak sejak usia dini. Pelajaran ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data  digunakan oleh peneliti khususnya dengan mengobservasi guru dan kegiatan belajar bagi anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas anak dalam pembelajaran dapat lebih optimal jika dibekali dengan materi  merangsang dan menarik minat siswa dalam belajar, salah satunya adalah menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini mempunyai tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan. Dengan bernyanyi, anak  lebih tertarik untuk belajar dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.

References

Ali Imron & Dewi Farda Fajriyyah. 2021. Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI. Jurnal Pendidikan MI/SD.

Davik. 2020. Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa. Jurnal Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

Jannah, L. A. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta: Diva Press.

Mashuri, & Dewi, M. 2017. Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flah Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal Mudarrisuna.

Mulyana. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nikmah, K. 2017. Penggunaan Teknik Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Dar El- Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(2).

Nisa, Ika Khoirun., Rahmi, Novita., Walfajri 2020. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Mts Ma’arif Nu 07 Purbolinggo. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

Ridwan, & Awaluddin A.Fajar. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika Jurnal Kependidikan.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Yusriana, A. 2012. Kiat-kiat Menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak anak. Yogyakarta: Diva Press.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Azima, A. F., Sutrisna, A., & Herawati, R. R. (2023). Pentingnya Stimulasi Early Chilhood Education dalam Pengembangan Bahasa Anak Paud Nusa Indah Kp Sukagalih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 8–20. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3318