Penerapan Metode Quantum Learning dalam Pembudayaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Di SDN Padamekar

Penulis

  • Silva Azaria Rosalin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Muhamad Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indah Sri Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irfan Addriadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pendidikan karakter, metode Quantum Learning, bahasa, moral, Pendidikan, Etika

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan dasar fundamental dalam membentuk individu yang berkualitas dan memiliki moral yang baik. Pengabdian kami bertujuan untuk me nerapkan Metode Quantum Learning dalam pembelajaran bahasa di SDN Padamekar. Fokus utama kami adalah menggabungkan pembelajaran bahasa dengan pendidikan karakter melalui pendekatan interaktif Quantum Learning. Tujuan yang kami ajukan adalah memastikan siswa tidak hanya memahami bahasa, tetapi juga mengembangkan nilai-nilai karakter yang positif. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan kesuksesan dalam meningkatkan pemahaman bahasa siswa dan pembentukan karakter yang baik melalui penerapan Quantum Learning. Proses belajar yang melibatkan partisipasi aktif siswa dan integrasi nilai-nilai karakter telah menghasilkan dampak positif yang signifikan. Metode Quantum Learning mendorong siswa untuk berinteraksi secara positif, memperkuat kerjasama, dan memahami pentingnya nilai- nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan, pengabdian ini telah berhasil menggambarkan bahwa pendekatan Quantum Learning memiliki peran yang penting dalam membentuk individu yang tidak hanya cakap dalam bahasa, tetapi juga memiliki karakter moral yang kokoh. Dengan menerapkan pendekatan ini dalam pembelajaran, sekolah dapat berperan aktif dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan beretika.

Referensi

Febriana, N., & Rismaini, L. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Quantum Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa di SDN 04 Pasa Gadang.

Rohim, A., & Nasyi'ah, I. (2020). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Solicha, M. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kompetensi Dasar Menangkap Makna Pada Lirik Lagu Menggunakan Model Quantum Learning Dengan Pendekatan Konstrukstivisme di Kelas XI IPS I SMA Negeri 1 Paguyangan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Wahyuni, D., Resnani, R., & Daimun, H. (2009). Penerapan Peta Pikiran Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas V SDN 17 Kota Bengkulu.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-20

Cara Mengutip

Silva Azaria Rosalin, Fauzi, . F. M. ., Lestari, I. S. ., & Addriadi, I. . (2023). Penerapan Metode Quantum Learning dalam Pembudayaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Di SDN Padamekar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 32–39. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3315