Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pendidikan Tingkat Lanjut di Dusun 4 Desa Panyocokan

Authors

  • Tiara Mudy UIN SUNAN GUNUNG DJATI
  • Meira Widianti UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Muhammad Faiz Alfauzi

Keywords:

Pendidikan, Kesadaran, Masyarakat, Pangabdian

Abstract

Penelitian pengabdian ini bertujuan untukmeningkatkan kesadaran masyarakat di Desa Panyocokan Dusun 4 akan pentingnya pendidikantingkat lanjut. Metode yang digunakan melibatkanserangkaian kegiatan pengabdian masyarakat, termasukwawancara dengan tokoh masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besarmasyarakat Desa Panyocokan Dusun 4 belumsepenuhnya menyadari pentingnya pendidikan tingkatlanjut. Oleh karena itu, melalui kegiatan wawancaradan penyuluhan, kami berhasil meningkatkan kesadaranmereka tentang manfaat pendidikan tingkat lanjutdalam meningkatkan kualitas hidup dan peluangpekerjaan. Penelitian ini juga mengidentifikasibeberapa faktor yang mempengaruhi rendahnyakesadaran masyarakat terhadap pendidikan tingkatlanjut, termasuk kendala ekonomi dan jarak tempuhyang cukup jauh. Sebagai hasil dari penelitian ini, kami merekomendasikan adanya program pendidikan dan informasi yang lebih aktif di tingkat desa, serta upayakolaboratif antara masyarakat, pemerintah, dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan akses dan partisipasi dalam pendidikan tingkat lanjut. Dengandemikian, diharapkan masyarakat Desa PanyocokanDusun 4 dapat lebih memahami pentingnya pendidikantingkat lanjut dan mengambil langkah-langkah konkretuntuk mengembangkan potensi mereka melaluipendidikan yang lebih tinggi.

References

Nurul Hasanah, K. P. (2021). Sosialisasi Tentang Pentingnya Pendidikan Tingkat Perguruan Tinggi Kepada Masyarakat Desa Jaring Halus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 23-29.

Risalah. Ramdani, Rohmanur, Fridayanti, Yadi, Wisnu, Zulqiah, Muh. Muttaqin, 2017. Panduan KKN Sisdamas (Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rizal Furqon Ramadhan, L. F. (2023). Pembekalan dan Sosialisai Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Generasi di Era 5.0. Journal of Research Application in Community Service, 59-65.

Sedyati, R. N. (2022). Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 155-160.

Yasril Yazid, Nur Alhidayatillah, 2017. Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Mudy, T., Widianti, M. ., & Alfauzi, M. F. (2024). Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pendidikan Tingkat Lanjut di Dusun 4 Desa Panyocokan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 149–155. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3283

Issue

Section

Articles