Implementasi Gerakan Social Friday Cleaning Masjid Jami An-Nur Cibaliung Mekarwangi Guna Menuju Kebersihan Masjid dan Lingkungan

Authors

  • Muhammad Taufik Iqbal Lesmana Uin Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hapid Ali
  • Meisya Sania Salsabila
  • Rina Rosianawati

Keywords:

Jumat Bersih, Sosial, Kebersihan, Masjid

Abstract

Artikel ini menjelaskan bagaimana kami anggota KKN 283 dalam menjalankan proyek kerja friday cleaning yang dilaksanakan setiap jumat di mesjid An-Nur Cibaliung. Tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran keseluruhan proses pelaksanaan friday cleaning untuk meningkatkan taraf kebersihan mesjid An-Nur Cibaliung. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan metode survei, wawancara dan observasi di kampung Cibaliung untuk mendapatkan data yang akurat dan relevan. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa friday cleaning yang dilakukan kami kelompok KKN 283 adalah dengan menyapu dan mengepel lantai, membersihkan karpet dan jendela dari debu dan sampah, membereskan halaman depan masjid, dan lainnya. Selain itu tujuan adanya proyek kerja yang kami lakukan ini adalah untuk meningkatkan taraf kebersihan mesjid An-Nur Cibaliung, di lain sisi kami juga tetap menemukan dan tetap menghadapi adanya faktor pendukung dan penghambat saat melakukan kegiatan ini. Selain itu kami juga memberikan beberapa simbolis berupa sendal dan mukena untuk masjid An-Nur Cibaliung.

References

Assauri, Sofjan (2016). Manajemen Operasi Produksi: Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan Edisi 3. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. ISBN 9786024250034.

Gaspers, Vincent (2005). Production Planning and Inventory Control, Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufacturing 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. ISBN 9789796059256.

Mukrimaa, Syifa S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya, Bandung: Bumi Siliwangi.

Sutaryono (2015) Faktor-Faktor Penghambat Implementasi Penerapan Pembelajaran Penjaskes Aktivitas Luar Kelas Sd Gugus 5 Dan 6 Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo. S1 Thesis, Unspecified.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Lesmana, I., Ali, H., Salsabila, M. S. ., & Rosianawati, R. (2024). Implementasi Gerakan Social Friday Cleaning Masjid Jami An-Nur Cibaliung Mekarwangi Guna Menuju Kebersihan Masjid dan Lingkungan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 379–392. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3260

Issue

Section

Articles