Sinergitas Mahasiswa KKN 109 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bersama Masyarakat Desa Lamajang dalam Pemberdayaan dan Pengabdian

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh para mahasiswa Uin Sunan Gunung Djati Bandung khususnya bagi mahasiswa semester 7 (tujuh) pada kesempatan ini penyusun akan memaparkan terkait laporan kegiatan yang telah kami jalani selama KKN di Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung yang bertema kan “Sinergitas Mahasiswa KKN 109 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bersama Masyarakat Desa Lamajang Dalam Pengabdian dan Pemberdayaan”. dalam hal ini meliputi 6 aspek pembahasan yang diantaranya : Aspek Keagamaan, Aspek Sosial, Aspek Pendidikan, Aspek Kebudayaan, Aspek Ekonomi dan Aspek Kesehatan. Lalu adapun metodologi yang dipakai merupakan metodologi kualitatif yang mana dalam berbagai aspek yang kami terapkan semuanya berdasarkan dari analisis kami selama terjun langsung ke berbagai aspek yang telah kami ampu masing-masing. Maka dalam hal ini mahasiswa KKN kelompok 109 yang bertempat di desa lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung membuat sebuah laporan atau artikel tentang sesuatu yang telah kami lakukan yaitu berupa pemberdayaan dan juga pengabdian ke tiap instansi pendidikan guna untuk lebih bisa membantu dan menganalisis sebagai bentuk objek laporan kami serta guna memajukan senergitas masyarakat yang ada di desa lamajang ini juga mampu bersaing dengan desa sekitar dalam berbagai Aspek.

Penulis

  • Sayid kandias aji sakti Aji Majalengka

Kata Kunci:

empowerment and dedication

Abstrak

 

KKN (Real Work Lecture) is an annual activity carried out by students of Uin Sunan Gunung Djati Bandung, especially for 7th (seventh) semester students. On this occasion the author will explain the report on activities that we have carried out during KKN in Lamajang Village, Pangalengan District, Bandung Regency. The theme is “Synergy between KKN 109 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Students and the Lamajang Village Community in Service and Empowerment”. In this case, it includes 6 aspects of discussion, including: Religious Aspects, Social Aspects, Educational Aspects, Cultural Aspects, Economic Aspects and Health Aspects.

Then the methodology used is a qualitative methodology where in the various aspects that we apply, everything is based on our analysis during our direct dive into the various aspects that we have mastered respectively.

So in this case, KKN group 109 students who are located in Lamajang Village, Pangalengan District, Bandung Regency made a report or article about something we have done, namely in the form of empowerment and also service to each educational institution in order to be more able to help and analyze as a form of object for our report. And in order to advance the synergy of the community in Lamajang village and be able to compete with surrounding villages in various aspects.

 

Referensi

www.obsessionnews.com/lamajang-desa-wisata-penuh-dengan-kearifan lokal/

https://lamajang.desa.id/.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Aji, S. kandias aji sakti. (2024). Sinergitas Mahasiswa KKN 109 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bersama Masyarakat Desa Lamajang dalam Pemberdayaan dan Pengabdian: KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh para mahasiswa Uin Sunan Gunung Djati Bandung khususnya bagi mahasiswa semester 7 (tujuh) pada kesempatan ini penyusun akan memaparkan terkait laporan kegiatan yang telah kami jalani selama KKN di Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung yang bertema kan “Sinergitas Mahasiswa KKN 109 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bersama Masyarakat Desa Lamajang Dalam Pengabdian dan Pemberdayaan”. dalam hal ini meliputi 6 aspek pembahasan yang diantaranya : Aspek Keagamaan, Aspek Sosial, Aspek Pendidikan, Aspek Kebudayaan, Aspek Ekonomi dan Aspek Kesehatan. Lalu adapun metodologi yang dipakai merupakan metodologi kualitatif yang mana dalam berbagai aspek yang kami terapkan semuanya berdasarkan dari analisis kami selama terjun langsung ke berbagai aspek yang telah kami ampu masing-masing. Maka dalam hal ini mahasiswa KKN kelompok 109 yang bertempat di desa lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung membuat sebuah laporan atau artikel tentang sesuatu yang telah kami lakukan yaitu berupa pemberdayaan dan juga pengabdian ke tiap instansi pendidikan guna untuk lebih bisa membantu dan menganalisis sebagai bentuk objek laporan kami serta guna memajukan senergitas masyarakat yang ada di desa lamajang ini juga mampu bersaing dengan desa sekitar dalam berbagai Aspek . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9), 210–220. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3240

Terbitan

Bagian

Articles