Sosialisasi Pentingnya Berorganisasi bagi Pelajar SMK al-Ikhlas Susuru Kabupaten Ciamis

Authors

  • Abdullah Muhammad Saman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asri Julianti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Beben Syahbani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Sosialisasi, Organisasi, Pengabdian

Abstract

Dusun Susuru, Desa Kertajaya, Kabupaten Ciamis merupakan lokasi di mana kegiatan pengabdian dilakukan. Salah satu permasalahan yang ada yakni kurangnya minat remaja di Desa Kertajaya untuk berorganisasi. Hal ini dibuktikan dengan kosongnya karang taruna di Desa Kertajaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut maka diprogramkanlah sosialisasi mengenai keorganisasian yang mana salah satunya membahas betapa pentingnya berorganisasi. Objek kegiatan ini pada awalnya seluruh remaja di Desa Kertajaya dan mengumpulkannya di aula desa. Namun atas beberapa pertimbangan dan agar suksesnya kegiatan maka dipilihlah SMK al-Ikhlas Susuru yang merupakan satu-satunya SMK di Desa Kertajaya sebagai objek kegiatan sosialisasi, yang mana peserta sosialisasinya merupakan anak kelas X dan XI. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 02 Agustus 2023, bentuk dari sosialisasi ini merupakan pemberi stimulus kepada remaja SMK al-Ikhlas Susuru agar dapat memantik minat mereka dalam berorganisasi sehingga dampak luasnya nanti dapat memajukan Desa Kertajaya. Parameter keberhasilan kegiatan sosialisasi ini ialah umpan balik yang positif dari para peserta baik dalam bentuk pertanyaan seputar organisasi maupun penunjukan secara acak kepada peserta untuk mengungkapkan kembali point apa yang di dapat serta beberapa ulasan dan tanggapan mengenai sosialisasi keorganisasian yang telah diselanggarakan.

References

A, Yandri. “Pendidikan Karakter: Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik Yang Berkualitas.” Direktorat Guru Pendidikan Dasar, 2022.

Al-Ikhlas, Admin SMK. “SMK Al-Ikhlas Susuru Panawangan.” SMK al-Ikhlas Susuru. Accessed September 5, 2023. https://smkalikhlassusuru.sch.id/.

Baru, Admin Profil. “Kertajaya, Panawangan, Ciamis.” ProfilBaru.com. Accessed September 5, 2023. https://profilbaru.com/Kertajaya,_Panawangan,_Ciamis.

Dinas Sosial. “Jumlah Karang Taruna (KT) Berdasarkan Kabupaten/Kota Di Jawa Barat.” Open Data Jabar, February 2021. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-karang-taruna-kt-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat.

Etrida, Ambacana Suska. “Pentingnya Organisasi Bagi Pelajar.” Pramuka UIN SUSKA, 2020. https://pramuka.uin-suska.ac.id/pentingnya-organisasi-bagi-pelajar/.

Fiska. “Teori Gagne: Fase-Fase Belajar, Tipe-Tipe Kegiatan Belajar, Dan Hirarki Belajar.” Gramedia Blog. Accessed September 12, 2023. https://www.gramedia.com/literasi/teori-gagne/.

Hirst, K. Kris. “Cultural Ecology.” ThoughCo., 2018. https://www.thoughtco.com/cultural-ecology-connecting-environment-humans-170545.

Indonesia, Pemerintah Republik. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2009 Tentang Wajib Belajar,” 2008.

Pratama, Febri Fajar, and Rahmat Rahmat. “Peran Karang Taruna Dalam Mewujudkan Tanggung Jawab Sosial Pemuda Sebagai Gerakan Warga Negara.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 15, no. 2 (2018): 170–79. https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.19182.

Satori, Akhmad, and Subhan Agung. “Eksplorasi Nilai Multikultural Dalam Masyarakat Majemuk Di Dusun Susuru Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis.” Prosiding SNaPP2014 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 2014.

Setyaningsing, Rila. Psikologi Komunikasi Suatu Pengantar Dan Perspektif Islam. Edited by Ahad Hidayatullah Zarkasyi. Cet. 1. Ponorogo: UNIDA Gontor Press, 2019.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Saman, A. M., Asri Julianti, & Beben Syahbani. (2024). Sosialisasi Pentingnya Berorganisasi bagi Pelajar SMK al-Ikhlas Susuru Kabupaten Ciamis. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9), 244–257. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3225

Issue

Section

Articles