Komunitas Wahana Ilmu Sebagai Jawaban dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kampung Kejuruan

Authors

  • Dadan Anugrah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sri Sulistina Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kesejahteraan, Komunitas Wahana Ilmu, Masyarakat

Abstract

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai mengakibatkan berbagai sektor menurun hingga kesejahteraan sulit untuk dirasakan oleh masyarakat Kampung Kejuruan. Permasalahan ekonomi, kesenjangan sosial dan pendidikan, melalui masalah yang beragam menggerakkan peneliti untuk melakukan inovasi bersama aparatur daerah untuk membentuk Komuntas Wahana Ilmu yang menjadi wadah pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor pendukung dalam usaha meningkatkan kembali kesejahteraan masyarakat Kampung Kejuruan. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan penelitian aksi partisipasif. Adanya Komunitas Wahana Ilmu mampu membangkitkan kembali kesejahteraan masyarakat, hal ini dibuktikan dengan semakin berkembangnya berbagai program yang ada. Bahkan, beberapa program dari Unjuk Talent berupa Seni Bela Diri (Bandrong) dan Olahraga Bola Voli mulai dikenal oleh masyarakat luas

References

Adi I.R. 2015. Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial Dan Kajian Pembangunan). Rajawali Pers: Jakarta.

Affandi, Agus, dkk. 2014. Modul Participatory Action Research (PAR): Untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing). LPPM UIN Sunan Ampel: Surabaya.

Kessa, Wahyudin. 2015. Perencanaan Pembangunan Desa. Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal: Jakarta Pusat.

Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung, 2020. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Zubaidi. 2007. Wacana Pembangunan Alternatif. AR-RUZ Media: Yogyakarta.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Anugrah, D., & Sulistina, S. (2021). Komunitas Wahana Ilmu Sebagai Jawaban dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kampung Kejuruan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(27), 189–212. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/322

Issue

Section

Articles