Implementasi Sistem Informasi Berbasis Website untuk Pemerintah dan Masyarakat Desa Singajaya Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Rizki Aryandi Department of Informatics
  • Nora Meilinda Hardi

Keywords:

KKN, Sistem Informasi Desa, Website

Abstract

Penggunaan sistem informasi di desa saat ini telah menjadi keharusan tersendiri. Pengembangan sistem informasi desa di desa Singajaya ini didasarkan pada respon terhadap tidak adanya website resmi dan sistem informasi di Desa Singajaya. Pengembangan menggunakan OpenSID, sebuah program open-source yang telah digunakan oleh ribuan desa di Indonesia. Website ini bukan hanya untuk pengarsipan, tetapi juga memiliki fitur portal berita, informasi desa, sejarah, pendataan penduduk, keuangan, dan layanan mandiri. Artikel ini menjelaskan langkah-langkah pengembangan dari refleksi awal hingga peluncuran website, dengan respon positif dari pihak desa dan masyarakat.

References

Andraini, Lili, and Izudin Ismail. 2022. “KARYA MESUJI.” 3(1):123–31.

Anon. n.d. “OpenSID - Construction Company.” Retrieved August 27, 2023 (https://opendesa.id/sistem-informasi-desa-opensid/).

Fadillah, I. 2021. “KKN-DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat RW. 02 Dan RW. 11 Pasirbiru Di Era Covid-19.” Proceedings Uin Sunan … 4(November).

Hariono, Tholib, Cahyono Putra, and Muchamad Wahyu Chabibullah. 2020. “Penerapan Website Opensid Untuk Menginformasikan Profil Dan Potensi Desa Banjarsari.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Informatika 1(1):5–8.

Isak, Pelatihan, Pada Tenaga, Administrasi Sekolah-sekolah Di, Kota Cimahi, and D. A. N. Sekitarnya. 2023. “Pelatihan Isak 35 Pada Tenaga Administrasi Sekolah-Sekolah Di Kota Cimahi Dan Sekitarnya.” 6(1).

LP2m. 2022. “JUKNIS KKN 2020.” (1):1–14.

Zahwa, M. n.d. “Sistem Informasi Desa.” 1–67.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Aryandi, R., & Hardi, N. M. (2023). Implementasi Sistem Informasi Berbasis Website untuk Pemerintah dan Masyarakat Desa Singajaya Kabupaten Bandung Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 167–176. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3202