Peran Teknologi dan Informasi dalam Transformasi Sosial di Masyarakat Dusun 3 Desa Cikalong

Penulis

  • Prise UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novaldy Akbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zahra Pajriyanti Al`Husna UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

digital, tranformasi, internet

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi dan informasi dalam menginisiasi transformasi sosial di Madrasah Masjid Al Barokah Dusun 3 Desa Cikalong, dengan fokus khusus pada kegiatan kerohanian di Masjid Al Barokah. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana penerimaan, adaptasi, dan pemanfaatan teknologi dan informasi telah membentuk pola interaksi sosial, pengetahuan keagamaan, dan kebiasaan dalam masyarakat setempat. Metode yang digunakan melibatkan penyelenggaraan edukasi mengenai media digital dan cara pemanfaatannya secara bijak dan optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi dan informasi, termasuk akses internet dan media digital, telah memberikan dampak yang signifikan dalam mengubah paradigma masyarakat. Manfaat yang diperoleh sangat besar apabila pemanfaatan teknologi dilakukan dengan benar, seperti akses yang lebih mudah dalam proses belajar dan penyebaran dakwah yang lebih menarik dan efektif. Temuan ini menggambarkan bahwa peran teknologi dan informasi dalam transformasi sosial Madrasah Masjid Al Barokah Dusun 3 Desa Cikalong memiliki relevansi yang tinggi. Meskipun demikian, pentingnya menjaga keseimbangan antara kemajuan teknologi dengan pelestarian budaya dan nilai-nilai lokal tetap menjadi tantangan yang harus diatasi dalam menjalankan proses transformasi ini.

Referensi

Hamid, S. A. (2016). Pengaruh Media Massa Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. e-Bang, 214-226.

Hanifah, S. &. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran.

Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.

Khotimah, U. (2021). Pengaruh Teknologi Terhadao Pembelajaran Abad 21.

Marius, J. A. (2006). Perubahan Sosial. Jurnal Penyuluhan.

Monica, T. &. (2022). Pemanfaatan outube Sebagai Media Komunikasi Massa di Kalangan Pelajar. Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Mu’minah, I. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Daring IPA pada Masa Pandemi COvid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian , 1197-1211.

Muhtarom, H. a. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 60.

Nurrizka, A. F. (2016). Peran Media Sosial di Era Globalisasi pada Remaja di Surakarta (Suatu Kajian Teoritis dan Praktis terhadap Remaja Perspektif Perubahan Sosial). Jurnal Analisa Sosiologi.

Piliang, Y. A. (2012). Masyarakat Informasi dan Digital: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 143-155.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surandika, A. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada kelas III Sekolah Dasar Islam An-Nizomiyah. Prosiding SEMNASLIT LPPM UMJ, 161-71.

Susanto, H. (2020). PEDAGOGI SEJARAH, NASIONALISME DAN KARAKTER BANGSA. Preprint: edarxiv.

Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Switri, E. (2019). Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass: Harvard University.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Prise, Akbar, N. ., & Pajriyanti Al`Husna, Z. (2024). Peran Teknologi dan Informasi dalam Transformasi Sosial di Masyarakat Dusun 3 Desa Cikalong. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3183

Terbitan

Bagian

Articles