Tinjauan Proses Akuisisi Sertifikat Halal Gratis pada Industri Gula Aren Lokal di Kecamatan Sindangkerta

Penulis

  • Elisa Nur Azizah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Muniaty Rahmatina UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Sofy Tri Alfiani UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Risda Arba Ulfa UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kata Kunci:

Sertifikat Halal, Gula Aren, Pelaku Usaha, Akuisisi, UMKM

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi sertifikasi halal pada industri gula aren di Kecamatan Sindangkerta. Dalam konteks mayoritas penduduk Muslim dan regulasi UU Jaminan Produk Halal, penelitian bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya sertifikasi halal serta membantu pelaku usaha mikro kecil dalam memperoleh sertifikat halal untuk Gula Aren mereka. Metode penelitian mencakup identifikasi pelaku usaha, edukasi tentang sertifikasi halal, pemahaman tentang NIB, pengisian data SiHalal, penerbitan fatwa sertifikasi halal, dan penyerahan sertifikat. Hasilnya menunjukkan bahwa produk Gula Aren di Kecamatan Sindangkerta dapat dengan cepat memperoleh sertifikat halal karena bahan sederhana dan nilai budaya mendukung. Sertifikat ini mencerminkan pengakuan kehalalan produk oleh BPJPH, berdampak positif pada ekonomi dan sosial pelaku usaha dan masyarakat setempat, serta meningkatkan kesadaran akan produk halal. Penelitian ini menekankan pentingnya sertifikasi halal dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing industri gula aren lokal sambil memenuhi kebutuhan pasar. Pendekatan edukasi dan pendampingan membantu pelaku usaha mikro kecil memahami proses akuisisi sertifikat halal.

Referensi

Fatriani, Sunardi, and Ferry Prayudi NS. 2012. “Pengaruh Umur Pohon Aren (Arengan Pinnata MERR) Terhadap Produksi Nira Di Desa Pulantan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimanan Selatan.” Jurnal Hutan Tropis 13 (1): 11–17.

Susanto, Danar Agus, Febrian Isharyadi, and Novin Aliyah. 2018. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Usaha Kecil Menengah Dalam Menerapkan Standar Secara Konsisten.” Jurnal Standardisasi 18 (2): 129. https://doi.org/10.31153/js.v18i2.705.

Warto, Warto, and Samsuri Samsuri. 2020. “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 2 (1): 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Nur Azizah, E., Muniaty Rahmatina, Sofy Tri Alfiani, & Risda Arba Ulfa. (2024). Tinjauan Proses Akuisisi Sertifikat Halal Gratis pada Industri Gula Aren Lokal di Kecamatan Sindangkerta. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3176

Terbitan

Bagian

Articles