Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gunung Putri Weninggalih Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Praditya Adhi Mahasiswa
  • Rizzandya Aulia Rahmah Uin Sunan Gunung Djati Bandung
  • Efrin Firmansyah Uin Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Media, Motivasi Belajar, Penggunaan, Hasil Belajar, Audio, Visual

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gunung Putri terhadap materi PPKN melalui pembelajaran media berbasis audio visual. Dilatarbelakangi oleh masih digunakannya penyampaian pembelajaran dengan metode konvensional yang cenderung sederhana dan teoritis sehingga menyebabkan rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Dalam menindaklanjuti keresahan tersebut, penelitian ini difokuskan dalam membantu siswa menaikkan motivasi belajar dengan menayangkan video pendek bertemakan nilai-nilai Pancasila yang bertujuan untuk membuat siswa mampu dalam memahami dan menerapkan moral yang terkandung pada bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan mengambil sampel dari seluruh siswa kelas IV SDN Gunung Putri sebanyak 20 orang dengan membagi secara rata ke dalam dua kelompok: kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui instrumen soal (post-test) dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya perbedaan siginifikan dalam rata-rata nilai post-test serta hasil observasi di antara kedua kelompok, yang diungguli oleh kelompok kelas eksperimen. Menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual sebagai penyampaian pembelajaran memberikan hasil yang siginifikan terhadap pengaruh motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gunung Putri.

References

Grech, Paulann, and Reuben Grech. “COVID-19 in Malta: The Mental Health Impact.” Psychological Trauma: Theory, Research, Practice and Policy 12, no. 5 (2020): 534–535. https://doi.org/10.1037/tra0000925.

Patandung, Yosef. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa.” Journal of Educational Science and Technology (EST) 3, no. 1 (2017): 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508.

Syaparuddin, Elihami. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn Di Sekolah Paket C.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2020): 187–200.

Tasya, Nabillah, and Agus Prasetyo Abadi. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Sesiomedika, 2019, 660–62.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Praditya Adhi, Rahmah, R. A. ., & Firmansyah, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gunung Putri Weninggalih Kabupaten Bandung Barat . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(9), 345–355. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3172

Issue

Section

Articles