Pemberdayaan Bina Remaja Berupa Penyuluhan dan Pencegahan Kenakalan Remaja Pada Siswa SMP PLUS Al-Basyiiriyyah Desa Lamajang

Authors

  • Yanti Aprilia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilmi Aribah
  • Siti Dewi Hartini
  • Wahyu Hidayat

Keywords:

KKN, Kenakalan Remaja, desa Lamajang, Masyarakat, Pendidikan

Abstract

Tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh kelompok 110 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sisdamas Moderasi Beragama UIN Sunan Gunung Djati yang berlokasi di Desa Lamajang. Adapun peneliti menemukan berbagai permasalahan salah satunya yakni berkaitan dengan Remaja  dan  kenakalan  remaja  khususnya  narkoba  senantiasa  menjadi  persoalan  yang menarik perhatian dan butuh perhatian serius dari berbagai pihak. Generasi muda merupakan generasi  penerus  dan  pelurus  bangsa  di  kemudian  hari.  Mewujudkan  generasi  yang  aktif, kreatif dan inovatis sudah tentu menjadi tugas bersama oleh berbagai kalangan. Program ini mencoba  untuk  mengupayakan  penanggulangan  dan  pencegahan  kenakalan  remaja  dan narkoba pada kelompok remaja di Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan. Banyaknya remaja yang melakukan perilaku beresiko yang mengganggu tumbuh kembang mereka seperti merokok, napza,Pernikahan dini. Perspektif yang digunakan  untuk  melaksanakan  program  ini  adalah  perspektif  pembangunan  yang  berpusat pada    manusia atau masyarakat    yakni    pemberdayaan    masyarakat.    Konsep    pemberdayaan masyarakat  yang  selama  ini  digadang-gadang  sebagai  upaya  melakukan  perubahan  sosial yang  efektif  akan  digunakan  dalam  pelaksanakan  program  ini.  Metode pengabdian ini tentu mengacu kepada langkah-langkah yang telah disesuaikan oleh LP2M dari siklus I hingga silus IV serta strategi pemberdayaan  yang digunakan  mencakup  tiga  hal.  Pertama  yaitu perencanaan,  kedua  aksi  sosial  dan  yang  ketiga  peningkatan  kesadaran  dan  pendidikan. Hasil dari pemberdayaan berupa penyuluhan yakni siswa mampu memahami dan mendapatkan pengetahuan mengenai bahayanya narkoba, pernikahan dini dan lainnya.

References

Lubis, Tasnim. 2019. “Performansi Partisipasi Pembelajaran Bahasa Di Politeknik Lp3i Medan.” Basastra 8 (1): 76.

Sujadmi, dan Putra Pratama Saputra. 2017. “Pemberdayaan Kelompok Remaja Berbasis Kultural Sebagai Upaya Penanggulangan Dan Pencegahan Kenakalan Remaja dan Narkoba di Desa Penagan Kecamatan Mendo Barat.” Jurnal Society 5 (2): 50.

Syardiansah. 2019. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Manajemen 7 (1): 57.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 pasal 1 ayat 9. 2012. “Pendidikan tinggi.”

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 pasal 24 ayat 2. 2003. “Sistem Pendidikan Nasional .”

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Aprilia, Y., Hilmi Aribah, Siti Dewi Hartini, & Wahyu Hidayat. (2023). Pemberdayaan Bina Remaja Berupa Penyuluhan dan Pencegahan Kenakalan Remaja Pada Siswa SMP PLUS Al-Basyiiriyyah Desa Lamajang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3164