Implementasi Kegiatan Pengajian di Dusun Srikandi Desa Wanasuka

Authors

  • Nabila Cinthya Nabila Cinthya
  • Fachra Faradisa Rahmat
  • Jimi Junandar

Keywords:

Implementasi, Pengajian, Srikandi

Abstract

Kesadaran beragama adalah sifat dinamis dari sistem mental yang dibentuk melalui pengalaman dan diproses dalam kepribadian untuk membuat tanggapan yang tepat, konsep pandangan hidup, penyesuaian, dan tindakan, mudah memotivasi, mudah beradaptasi dengan lingkungan, dan dapat menunjukkan sikap yang baik kepada orang lain. Kesadaran beragama yang dilandasi kehidupan beragama menunjukkan sikap dewasa yang mampu menghadapi berbagai persoalan dan menyesuaikan diri dengan norma dan nilai yang ada di masyarakat. Salah satu cara menumbuhkan kesadaran beragama pada masyarakat itu seperti diadakannya majlis taklim atau pengajian, seperti pengajian mingguan dan bulanan, yang didalamnya biasa diisi dengan ceramah, ratiban, dan yasinan. Penelitian ini menekankan pada pengamatan yang mendalam dan menganalisis fenomena-fenomena yang ada di masyarakat, sehingga akan terciptanya program-program yang unggul dan kompetitif. berupaya untuk meningkatkan semangat untuk ikut serta dalam menghadiri majlis taklim, dan menumbuhkan kesadarakan di Masyarakat tentang pentingnya menimba ilmu agama untuk mendekatkan diri kepada Allah, sebagai upaya ikut serta dalam mengembangkan keagamaan di Dusun Srikandi Desa Wanasuka Kecamatan Pangalengan Kab Bandung.

References

Dirdjosanjoto, P. ( 1999). Memilihara Umat ( Kyai Pesantren-Kiai Langgar Jawa). Yogyakarta: LKIS.

Islam, D. R. (1997). Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeven.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta.

ur Rokhmad, E. A. (2020). SOLUSI TERHADAP PERMASALAHAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA SEKSI PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MOJOKERTO. AGAMA KABUPATEN MOJOKERTO, 160.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Cinthya, N., Rahmat, F. F., & Junandar, J. (2023). Implementasi Kegiatan Pengajian di Dusun Srikandi Desa Wanasuka. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 110–117. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3159