Upaya Meningkatkan Kesadaran Pendidikan Melalui Kegiatan Talk Show Pengenalan Dunia Kampus di SMK Surya Pertiwi

Authors

  • Hasemi Fauziah hasemi hasemi fauziah
  • Dian Maryani
  • Salsabila Azzahra

Keywords:

Kesadaran Pendidikan, Talk Show, Pengenalan Dunia Kampus

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting bagi perkembangan individu dan Masyarakat secara menyeluruh. Setiap perannya sangat penting dalam mewujudkan peradaban bagi manusia.  Bahkan tingkatan pendidikannya memiliki peran sendiri dalam membentuk dan mempersiapkan individu untuk berbagai tantangan dalam kehidupan. Sebagaimana membentuk talk show pendidikan di SMK Surya Pertiwi untuk membentuk pemahaman, peningkatan, siswa agar lebih melek pada dunia pendidikan dalam talk shownya kami menceritakn sekilas pengalaman, mempererat komunikasi.  Dalam acara Talk Show untuk mengajak siswa sekolah dasar SMA/SMK sederajat agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, bahkan syarat untuk bisa meneruskan generasi ke generasi selanjutnya, Sumber data yang digunakan, yaitu presentasi secara langsung, tanya jawab dan sedikit pengalaman.  Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 3 segi variasi dalam acara Talk Show, yaitu (1) variasi lisan yaitu, variasi yang ditandai dengan bentuk mimik atau sebuah penegasan; (2) keformalan, antara lain a) variasi formal, misalnya bercerita, mengajak, dan menolak; b) variasi tidak formal (3) kependidikan, yaitu variasi kependidikan, Selanjutnya, Talk Show ini dapat dijadikan sebagai ajakan untuk semangat toinggi kepada generasi selanjutnya.

Kata Kunci: Kesadaran Pendidikan, Talk Show, Pengenalan Dunia Kampus

References

Amelia, L., & Sonya, E. R. . (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 62–69.

Budianto, A. ., Zachrani, E. N. ., Lestari, N. I. ., Zikri, H. M. ., & Paryati , . P. . (2021). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Anak-Anak Kp Kebayunan Rw 016 Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(5), 98–107.

Okgianto, A., Riani, C., & Jannah, K. N. (2021). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Nyalindung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 98-109.

Pentingnya Soft Skill untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan; Christine Winstinindah Sandroto 2021.

Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: Pentingnya Soft Skill Untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Sardiman, A.M 2018. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

hasemi, H. F., Dian Maryani, & Salsabila Azzahra. (2023). Upaya Meningkatkan Kesadaran Pendidikan Melalui Kegiatan Talk Show Pengenalan Dunia Kampus di SMK Surya Pertiwi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 247–254. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3153