Sosialiasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Bermedia Internet di SMP Madani Desa Singajaya

Authors

  • Ridwan Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Indonesia
  • Novi Hidayati Afsari

Keywords:

dampak, media sosial, pendidikan karakter, teknologi

Abstract

Abstrak

Dalam perkembangan zaman yang semakin pesat, bermedia sosial menjadi hal yang rutinitas dilakukan baik itu anak-anak, remaja ataupun orang tua. Media sosial memiliki dampak bagi penggunanya baik itu positif ataupun negative. Adapun dampak positif daripada penggunaan media sosial adalah bertambahnya wawasan apa yang belum di dapat di lingkungan sekitar dan bisa mengexplore di dunia maya. Tetapi dibalik itu terdapat sisi negative perihal penyalahgunaan media sosial. Disamping itu juga mengenai pendidikan karakter pada saat ini rasanya kurang diperhatikan oleh orangtua yang mana seharusnya mereka adalah motoric pendukung paling berpengaruh terhadap perkembangan anak. Disamping di sekolah diajarkan mengenai pendidikan karakter, akan tetapi guru hanya sebagai pengarah juga pengajar yang memberikan arahan terhadap pendidikan dan karakter anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apa dampak yang ada dalam penyalahgunaan penggunaan media sosial dan seberapa pentingnya pendidikan karakter melalui bermedia sosial serta. Metode yang digunakan kualitatip dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa hanya sebagian anak yang antusias dalam seminar di SMP Madani ini. Sebagian dari mereka tidak memahami dan perlu campur tangan orang tua untuk mensukseskannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anak belum cukup jika hanya diberi wawasan terkait dampak kecanduan media sosial. Orang tua pun harus bisa mengikuti penyuluhan dan memulai untuk lebih tegas dalam membatasi tontonan anak serta penggunaan smarthphone di rumah. Sehingga anak akan lebih terkontrol dan mengurangi dampak negative yang berpengaruh pada karakter mereka.

References

Afriliansyah, T., Yusuf, S., Susanti, S., & Mayzuhra, M. (2018). Penyuluhan dampak penggunaan internet, sosial media dan game online terhadap anak usia dini di desa Hagu Teungah kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26–29.

Doni, F. R. (2017). Prilaku Penggunaan Media pada Kalangan Remaja. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15–23.

Manullang, B. (2013). Grand Desaian Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 14.

Setiawan F, Taufi W, Fuji Lestari A, Irna Sari L, & Ardianti Restianty. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenalakan Remaja. Al-Muthararah: Junral Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71.

Tafsir, A. (2018). Pendidikan Karakter Ajaran Tuhan.

Wijaya, H., & Tulak, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Meida Sosial.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Ridwan Fauzi, & Afsari, N. H. . (2023). Sosialiasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Bermedia Internet di SMP Madani Desa Singajaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 171–180. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3152