Pemberdayaan Potensi Masyarakat terhadap Akad Jual Beli Ekonomi Kreatif di Bening Saguling Foundation Desa Cihampelas

Penulis

  • Ai Robiatul Adawiyah UIN Sunan Gunung Djati
  • Amanda Julianti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ayu Anisa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novi Hidayati Afsari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Bening Saguling Foundation, Ekonomi Kreatif Akad Jual Beli

Abstrak

Bening Saguling Foundation merupakan salah satu yayasan yang bergerak dalam bidang pengembangan pendidikan lingkungan ekonomi kreatif. Letaknya berada di kampong Babakan Cianjur RT 01 dan RW 04 Desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Berdirinya yayasan ini yaitu karena keresahan kerusakan lingkungan di Waduk Saguling yang diakibatkan adanya tumpukan sampah dan gulma eceng gondok, yang bukan saja berdampak pada pendangkalan waduk, namun berdampak juga terhadap kondisi social masyarakat sekitar. Dengan adanya  Yayasan tersebut bias menjadi peluang ekonomi kreatif untuk meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program ekonomi kreatif yang ada di Bening Saguling Foundation dalam rangka pemberdayaan masyarakat meliputi dalam akad jual beli dan peluang pekerjaan untuk masyarakat setempat. Metode yang dilakukan berbasis pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan metode participatory action research dengan empat tahapan mulai dengan sosialisasi hingga evaluasi.Selain itu, penulis menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi ekonomi kreatif dan keterampilan mereka dalam mengelola bisnis. Pemberdayaan potensi masyarakat melalui akad jual beli ekonomi kreatif ternyata berperan sangat penting dalam pengembangan ekonomi lokal.

Referensi

Ajaib. (2020). Macam-Macam Akad Jual Beli. Ajaib.

Dr. Husnul Qodim, S. M. (2023). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama. Bandung : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Foundation, B. S. (2020). Kolaborasi Pelestarian Lingkungan dan Praktik Wirausaha. Redaksi Agrozine.

Maulana, Y. (2019 ). Peluang Bisnis 'Menyulap' Eceng Gondok Jadi Produk Bernilai Jual. Detkfinance.

metodepenelitianilmiah.com. (2022). Pengertian Wawancara Semi Terstruktur. metodepenelitianilmiah.com.

Putri Puspita, S. F. (2023). Warga Desa Cihampelas Manfaatkan Eceng Gondok Jadi Produk Kerajinan, Dipesan Hingga Irlandia. TrimbunJabar.id.

Twelvetrees, A. C. (1991). Community Work. British Assosiation Of Social Workers.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Adawiyah, A. R., Julianti, A. ., Anisa, A. ., & Hidayati Afsari, N. . (2023). Pemberdayaan Potensi Masyarakat terhadap Akad Jual Beli Ekonomi Kreatif di Bening Saguling Foundation Desa Cihampelas . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 219–230. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3141