Pendidikan Dan Penanaman Akhlak Pada Siswa MI Al-khoer Melalui Program Juma'at Berkah

Authors

  • Muhammad Rizal Arifin Hidayah Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati
  • Nira Puspita Isnadya Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati
  • Siti Hotimah Afriani Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati
  • M. Sandi Marta Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Akhlaq, Juma'at berkah, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kefektivitasan dalam program Juma'at Berkah dalam mendukung pendidikan dan penanaman akhlak pada siswa MI Al-Khoer. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui kualitatif observasi kepada  MI Al-Khoer yang terlibat dalam program Juma'at Berkah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman agama dan menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam penanaman akhlak pada para siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi sekolah-sekolah Islam dan lembaga pendidikan lainnya yang ingin mengadopsi pendekatan serupa untuk mendukung pembentukan karakter yang baik dikalangan para siswa.

References

Agustina, Anita. “Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan.”

Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 1, no. 2 (2021): 96–104.

https://doi.org/10.15575/jpiu.12206.

Aquami, Aquami. “Hubungan Kompetensi Guru Dan Peran Orang Tua Terhadap

Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MIN Se-Kota Palembang.” JIP (Jurnal Ilmiah

PGMI) 4, no. 1 (2018): 1–12.

Arifin. Psikologi Dakwah: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Askara, 1994.

Fatih, Al. Kitab Terjemah Al-Qur’an Al-Fatih Dengan Alat Peraga Tajwid Kode Arab.

st ed. Jakarta: alfatih quran, 2012.

Firdaus. “Sedekah Dalam Persfektif Al-Quran.” Ash-Shahabah 3, no. 1 (2017): 88–

Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES, 2008.

Gunawan, Wahyu, and Budi Sutrisno. “Pemetaan Sosial Untuk Perencanaan

Pembangunan Masyarakat.” Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat 2, no. 2 (2021): 94.

https://doi.org/10.24198/sawala.v2i2.32761.

Haris, Abdul Haris. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Al-Munawwarah:

Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2017): 64–82.

Indrawan, Irjus. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” ALAFKAR 5, no. 1 (n.d.): 4–19.

Mardiah. “Metode Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah

Ibtidaiyah.” Jurnal Mitra PGMI 1, no. 1 (2015): 61–77.

Mustofa, Ali, and Ika Khoirunni’mah. “Kegiatan Jam’iyah Shalawat Solusi

Pembentukan Akhlakul Karimah Remaja Di Jatirejo Diwek Jombang.” Jurnal

Pendidikan Islam 6, no. 2 (2020): 97–120.

Nindiya Norianda, Jagad Aditya Dewantara, and Sulistyarini Sulistyarini.

“INTERNALISASI NILAI DAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi

Budaya Sekolah Jumat Berkah).” WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan

Pembangunan Karakter 5, no. 1 (2017): 45–57.

https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4.

Olisna, Olisna, Milhatun Zannah, Auliani Sukma, and Ani Nur Aeni. “Pengembangan

Game Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah

Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4133–43.

Saputra, Teguh. “Hikmah Sedekah Dalam Al-Qur’an Dan Hadis.” Gunung Djati Conference Series 8 (2022): 347–56.

Sari, Rika, Aliasan Aliasan, and Zhila Jannati. “Peningkatan Minat Bersedekah Pada

Masyarakat Sukajaya Kota Palembang Melalui Strategi Komunikasi Persuasif

Komunitas Jum’At Sedekah Indonesia.” Jurnal Komunikasi Islam Dan

Kehumasan (JKPI) 5, no. 1 (1970): 64–75.

https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i1.9027.

Syaifullah, Muhammad. “Penerapan Metode An-Nahdliyah Dan Metode Iqro’Dalam

Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Jurnal Iqra 2, no. 1 (2017)

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Hidayah, M. R. A. ., Isnadya, N. P. ., Afriani, S. H. ., & Marta, M. S. (2023). Pendidikan Dan Penanaman Akhlak Pada Siswa MI Al-khoer Melalui Program Juma’at Berkah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3120