Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sosial di Kampung Buaran Asem, Desa Tanjung Anom

Authors

  • Ihsan Faturrahman 1Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syari’ah & Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Intan Lestari Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Miftahudin Mulfi Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ramadan Ramadan Bimbingan Konseling Islam, , Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bahrudin Bahrudin Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Upaya, Partisipasi, Sosial, Pengabdian, Pemberdayaan

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen perubahan). Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (kecakapan/keterampilan hidup). Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja KKN kelompok yang akan dilaksanakan. Kegiatan tersebut meliputi program mengajar mengaji TPA, kerja bakti, santunan anak yatim piatu, dan lomba agustusan adapun kegiatannya adalah lomba adzan, lomba kaligrafi, pidato dan sambung ayat. Dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Pelaksanaan program kerja yang dimulai dari tanggal 30 Juli s/d 31 Agustus ini relatif berjalan lancar. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir masyarakat diharapkan dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya dan alam sekitarnya. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara berkesinambungan tetap dipertahankan untuk membekali diri sebagai bekal dikemudian hari

References

Chin, W.W., Marcolin, B.L dan Newsted, P.R. 1996. A Partial Least Squares Latent Variable Modeling Approach for Measuring Interaction Effects: Result from a Monte Carlo Simulation Study and Voice Mail Emotion/Adoption Study. Proceeding of the Seventeenth International Conference on Information System.16_18 December. Cleveland.Ohio.

Fukuyama, 1995. Trust: The Social Virtues and the Creation of Prosperity. Free Press, ISBN 0-02-910976_0

http://www-theindone-sian-institute.org/ janeducfile.htm. Internet.

Huseini, M. 1999. Mencermati Misteri Globalisasi: Menata Ulang Strategi Pemasaran Internasional Indonesia Melalui Pendekatan ResourceBased. Depok: Fisip Universitas Indonesia.

Husnul Qadim, dkk. (2020). Petunjuk Teknis (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat KKN-DR Sisdamas Masa Wabah Covid-19). Bandung: LP2M UIN SGD

Jamasy, O. 2004. Keadilan, Pemberdayaan, & Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta Selatan: Blantika.

Kartasasmita, G. 1996. Power and Empower- mant: Sebuah Telaah Mengenal Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pranarka dan Vidhyandika, 1996. Pemberdayaan dalam Onny S.P dan AMW. Pranarka (ed). 1996. Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Center for Strategic and Inter- national Studies (CSIS).

Romer Paul. 1990. Endogenous Technological Change. Journal of Political Economy

Simon, H. 1993. Hutan Jati dan Kemakmuran. Problematika dan Strategi Pemecahannya. Yogyakarta: Aditya Media.

Slamet, M. 2003. Pemberdayaan Masyarakat. dalam Membetuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Disunting oleh Ida Yustina dan Adjat Sudradjat. Bogor: IPB Press.

Suharto, E. & Yuliani. 2005. Analisis Jaringan Sosial: Menerapkan Metode Asessmen Cepat dan Partisipatif (MACPA) Pada Lembaga Sosial Lokal di Subang, Jawa Barat: http://www.policy.hu/ suharto/ mak-Indo4.html. Diakses pada 28 Juli 2005.

Sulistiyani, A.T. 2004. Kemitraan dan Model- Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gaya Media.

Sumardjo. 1999. Transformasi Model Penyuluhan Pertanian Menuju Pengembangan Kemandirian Petani: Kasus di Propinsi Jawa Barat. Disertasi Doktor. Bogor: Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Sumodiningrat, G. 2000. Visi dan Misi Pem- bangunan Pertanian Berbasis Pemberda- yaan. Yogyakarta: IDEA.

Syabra, R. 2003. Modal Sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya. Vol.V. N0.1:1-5.

Tjokrowinoto, M. 2001. Pembangunan Dilema dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tobing, E. 2005. Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi. (Article on-line). Didapat dari

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Faturrahman, I., Lestari, I., Mulfi, M., Ramadan, R., & Bahrudin, B. (2021). Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sosial di Kampung Buaran Asem, Desa Tanjung Anom. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(27), 69–90. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/312

Issue

Section

Articles