Upaya Meningkatkan Kemampuan Masyarakat Dalam Mengelola Sampah Organik Rumah Tangga Melalui Pembuatan Mikroorganisme Lokal (Mol) Dan Budidaya Tanaman Serai Dapur (Cymbopogon Citratus)

Authors

  • Hurin Ienin Isngadi
  • Ihya Salsabila
  • Nurul Aulia Fitri
  • Ira Ryski Wahyuni

Keywords:

Budidaya Tanaman, Mikroorganisme Lokal, Pandemi Covid-19, Pengelolaan Sampah, Sampah Organik Rumah Tangga

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, masyarakat dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan. Namun, perhatian masyarakat pada kesehatan lingkungan kurang, karena fokus terpusat pada kesehatan tubuh. Hal ini ditandai dengan meningkatnya sampah organik rumah tangga. Terlebih lagi, pemberlakuan PPKM yang membatasi kegiatan masyarakat. Kurangnya pengetahuan masyarakat untuk mengolah sampah yang masih bisa didaur ulang mengakibatkan masih banyak sampah yang tertimbun di tempat pembuangan sampah. Untuk itu, tujuan pelaksanaan KKN-DR ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan pengelolaan sampah organik rumah tangga. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah pemberdayaan masyarakat yang pelaksanaannya dibagi menjadi 3 siklus, yaitu Refleksi Sosial (Social Reflection), Perencanaan Program (Participation Planning) dan Pelaksanaan Program serta Evaluasi program. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan yaitu pengelolaan sampah organik rumah tangga melalui penyuluhan pembuatan mikroorganisme lokal (MOL) bonggol pisang dan MOL Buah-buahan busuk serta budidaya tanaman serai dapur (Cymbopogon citratus) dari sisa-sisa tanaman serai (sampah organik). Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan, diperolehlah hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam pembuatan MOL berbahan dasar Bonggol Pisang dan Buah-Buahan yang telah busuk serta budidaya tanaman serai dapur (Cymbopogon citratus) sebagai upaya dalam pengelolaan sampah organik rumah tangga serta meningkatkan kreativitas dan pengetahuan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri serta mampu mengatasi permasalahan lingkungan yang ada.

References

Budiyani, N. K., Soniari, N. N., dan Sutari, N. W. S. (2016). Analisis kualitas larutan mikroorganisme lokal (MOL) bonggol pisang. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika, 5(1), 63–72.

Hadi, R. A. (2019). Pemanfaatan MOL (mikroorganisme lokal) dari Materi yang Tersedia di Sekitar Lingkungan. AGROSCIENCE, 9(1), 93–104.

Herlina, N., & Prasetyorini, A. (2020). Pengaruh perubahan iklim pada musim tanam dan produktivitas jagung (Zea mays L.) di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 25(1), 118–128.

Kurniawan, A. (2018). Produksi Mol (Mikroorganisme Lokal) dengan Pemanfaatan Bahan-Bahan Organik yang Ada di Sekitar. Jurnal Hexagro, 2(2), 37.

Qodim, H. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR SISDAMAS). Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rosnawati, W. O., Bahtiar, B., dan Ahmad, H. (2018). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Masyarakat Pemukiman Atas Laut Di Kecamatan Kota Ternate. Techno: Jurnal Penelitian, 6(02), 48–56.

Sharma, H. B., Vanapalli, K. R., Cheela, V. R. S., Ranjan, V. P., Jaglan, A. K., Dubey, B., … Bhattacharya, J. (2020). Challenges, opportunities, and innovations for effective solid waste management during and post COVID-19 pandemic. Resources, Conservation and Recycling, 162, 105052.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., dan Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91.

Suarta, G. (2017). Konsep Evaluasi Perencanaan Dan Terapannya Pada Program Penyuluhan. Badung : Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Sudarmanto, E. D. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Suhesti, I., Kustini, H., dan Antari, E. D. (2021). Penggunaan Teh Serai Jahe sebagai Penambah Daya Tahan Tubuh Menggunakan Daun Stevia sebagai Pemanis Alami.. RESWARA: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(2), 325– 330.

Taufiq, A dan Maulana, M. F.. (2015). Sosialisasi Sampah Organik Dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 68–73.

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Isngadi, H. I., Salsabila, . I., Fitri, N. A., & Wahyuni, I. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Masyarakat Dalam Mengelola Sampah Organik Rumah Tangga Melalui Pembuatan Mikroorganisme Lokal (Mol) Dan Budidaya Tanaman Serai Dapur (Cymbopogon Citratus). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(13), 91–107. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/307

Issue

Section

Articles