Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi dan Pendampingan dalam Melakukan Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online di Desa Girimukti

Penulis

  • Yanggi Suhawa UIN SGD BANDUNG
  • Amelia Nurfadilah

Kata Kunci:

BPJS Kesehatan, Pendampingan, Sosialisasi

Abstrak

Permasalahan terkait minimnya pemahaman terhadap penggunaan aplikasi serta website online BPJS Kesehatan membuat masyarakat desa Girimukti tidak merata dalam kepemilikan BPJS Kesehatan ini. Kesulitan dalam pendaftaran serta perbaikan data berbasis online ini menjadi permasalahan yang kemudian diangkat oleh Pemdes Desa Girimukti yang berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN 199 serta BPJS Kesehatan Cabang Kota Cimahi untuk melakukan Pemberdayaan Masyarakat melalui Sosialisasi dan Pendampingan dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online di Desa Girimukti. Program tersebut dilaksanakan melalui metode bimbingan serta aksi secara langsung, melalui tahapan perizinan, perencanaan dan pelaksanaan. Bimbingan dalam pendampingan ini terfokus pada mahasiswa sebagai fasilitator informasi yang mensosialisasikan tatacara pendaftaran serta perbaikan data secara langsung melalui media gadget dan internet. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat Desa Girimukti secara menyeluruh mendapatkan akses serta dapat memiliki BPJS Kesehatan sebagai bagian dari bantuan sosial dengan lancar tanpa mengalami kendala belum memiliki atau data yang salah. Dari hasil sosialisasi serta pendampingan ini didapati dampak peningkatan kesadaran masyarakat, akses pelayanan kesehatan yang lebih baik, pemenuhan kebutuhan kesehatan yang lebih baik, pemenuhan kebutuhan kesehatan, pemberdayaan ekonomi, adanya reduksi beban pemerintah, penggunaan teknologi informasi, kesejahteraan sosial serta perubahan perilaku sehat yang menjadi goal dalam sosialisasi dan pendampingan dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online.

Referensi

Arya, Rachmat. 2021. "Urgensi Literasi Digital Bagi Masyarakat Pada era Digital di Indonesia." FISIP Unair 4.

Asep Hidayat, Imas dela, laila Febriyuni. 2021. "Analisis Prosedur Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online Sebagai Wujud Transformasi Birokrasi Digital di Indonesia." Dialektika 35.

Somantri, Aris. 2022. "Mediasi dan Advokasi Pandemi COVID 19 Pada Masyarakat Desa Girimukti Kecamatan Saguling." Al Maesarah 42.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Yanggi Suhawa, & Amelia Nurfadilah. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi dan Pendampingan dalam Melakukan Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online di Desa Girimukti. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 370–383. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3065