Upaya Mahasiswa KKN dalam Membentuk Perilaku Normatif Anak-Anak Madrasah Baiturrahman Rw 04 di Desa Mekarmukti

Authors

  • Siti Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hamdan Sugilar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilham Abdurohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saparudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Normative, perilaku, Pendidikan, sikap

Abstract

Menghadapi berbagai perubahan sosial, teknologi, dan budaya, anak-anak di Desa Mekarmukti dusun 2 rw 04, rentan terhadap pengaruh negatif. Anak-anak merupakan generasi muda yang berperan penting dalam pembentukan masa depan. Sebagai lembaga pendidikan agama Islam, madrasah memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk perilaku normatif agar mereka dapat menjadi individu yang berakhlak mulia, taat norma, serta mampu berkontribusi positif dalam masyarakat.Metodologi yang dilakukan pada pengabdian oleh kelompok 255 adalah metode deskriptif kualitatif dengan menekankan pada pengamatan hal yang terjadi dan menganalisis ke dalam isi kebenaran tersebut Metode kualitatif yang digunakan pada penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu: Observasi dan sisdamas. keberhasilan dari kegiatan yang kami berikan ini tentunya terbukti dengan di tandai, berkurangnya sikap yang toxic kepada orang lain, semangat belajar yang begitu aktif dalam mengaji serta adanya perubahan kebiasaan yang mulai membaik terhadap pada diri mereka masing-masing. mereka juga merasa senang akan kedatangan kami disana dalam membantu para tenaga pendidik untuk mengajar. hal itu di tunjukkan dengan sikap yang amat menyenangkan ketika kami menjalankan tugas tersebut. dari hasil penelitian ini memberikan ajaran mengenai norma-norma yang bisa diterapkan kepada anak-anak meliputi norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan, dan norma hukum yang tentunya akan bermanfaat generasi selanjutnya dalam bermasyarakat. Adapun Peran yang sangat penting dalam membentuk etika normatif anak-anak yaitu ada peran keluarga, guru, lingkungan sosial, dan pendidikan sangat penting dalam membentuk etika normatif anak-anak.

References

Damon., W. (1988). The Moral Child: Nurturing Children's Natural Moral Growth. the University of Michigan: Free Press.

Gardner, B. (2015). Defining and measuring the habit impulse: Response to commentaries. Health Psychology Review, 9(3), 318–322.

Gauvain, R. D. (2019). Social Development. John Wiley & Sons.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implikasinya. Alfabeta. Indonesia, K. B. B., & Ketiga, E. (2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Imamah, H. (2017). Identifikasi penanganan Anak dengan Perkembangan Non Normatif. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam , 2(2),98-107.

Lickona, T. ( 1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Narvaez, L. P. (2016). Handbook pendidikan moral dan karakter. bandung: Nusa Media.

Nata, A. (2009). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Prakoso, G. D. (2017). Analisis pengaruh sikap, kontrol perilaku, dan norma subjektif terhadap perilaku safety. jurnal promkes, 5(2), 193-204

Sa’odah, C. R. (2020). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NORMA DALAM PEMBELAJARAN PPKN SD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 118-119.

Tas’adi, R. (2014). PENTINGNYA ETIKA DALAM PENDIDIKAN. Ta’dib, Volume 17, No. 2 , 191,192,194.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Hasanah, S., Sugilar, H. ., Abdurohman, I., & Saparudin. (2023). Upaya Mahasiswa KKN dalam Membentuk Perilaku Normatif Anak-Anak Madrasah Baiturrahman Rw 04 di Desa Mekarmukti. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 354–363. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3061