Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Kompos dari Bahan Organik untuk Memaksimalkan Hasil Sumber Daya Alam: Studi Kasus Pengolahan Pupuk Kompos Kampung Sukamanah Desa Mangunjaya

Authors

  • Rangga Julfian Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Hafidz Fajrian UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mubarrok UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fauzi Rizki UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pupuk Kompos, Lahan Pertanian, Kesuburan Tanah, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan salah satunya ialah pengolahan pupuk kompos dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Bertujuan untuk memberikan pelatihan serta pengalaman dalam pembuatan pupuk kompos dari 3 unsur yang tersedia yaitu unsur cokelatan, hijauan, dan kotoran hewan yang ada di Kampung Sukamanah, Desa Mangunjaya, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Kompos adalah jenis pupuk organik yang terbuat dari sisa tanaman dan eksresi hewan yang telah mengalami proses dekomposisi atau pelapukan, Secara umum, bahan utama dalam pembuatan pupuk kompos adalah daun kering, rerumputan, ranting-ranting, potongan sayuran, potongan buah-buahan, dan kotoran hewan. Pupuk kompos memiliki banyak keunggulan, termasuk dampak positif terhadap lingkungan, potensi untuk meningkatkan pendapatan peternak, serta kemampuannya untuk memperbaiki kesuburan tanah dengan mengatasi kerusakan fisik yang disebabkan oleh penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan.

References

DISNAKESWAN Provinsi Nusa Tenggara Timur. 2020. “Pemanfaatan Limbah Peternakan (Kotoran Ternak) Menjadi Pupuk Organik (Pupuk Padat Maupun Cair).” Https://Disnakkeswan.Ntbprov.Go.Id/. June 24, 2020.

Fadhiasari, Risma Tri. 2023. “Pupuk Sintetis Dan Ketergantungan Penggunaannya.” Https://Www.Halopantura.Com/. July 24, 2023.

Kusnandar, Viva Budy. 2023. “Sekitar 38 Juta Penduduk Indonesia Bekerja Di Sektor Pertanian Pada Agustus 2022.” Https://Databoks.Katadata.Co.Id/. January 10, 2023.

Thabroni, Gamal. 2022. “Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam.” Https://Serupa.Id/. April 27, 2022.

Tirani, Wulandari. 2020. “Jenis-Jenis Pupuk Kompos Berdasarkan Bahannya.” Https://Www.Grahanusantara.Co.Id/. August 27, 2020.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Hakim, R. J., Fajrian, A. H., Zakki, & Rizki, M. F. (2023). Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Kompos dari Bahan Organik untuk Memaksimalkan Hasil Sumber Daya Alam: Studi Kasus Pengolahan Pupuk Kompos Kampung Sukamanah Desa Mangunjaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 245–252. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3026